Sabtu, 09 Mei 2020 03:05 WIB

Ekonomi Sulit, Pemilik Avanza dan Xenia Diprediksi Bakal Jual Mobilnya

M Luthfi Andika - detikOto
Pekerja mengecek mobil yang dijual di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Jumat (17/5/2019). Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menyatakan penjualan mobil bekas menjelang mudik Lebaran 1440 H meningkat 20 persen dibanding hari biasa pada bulan sebelumnya. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc. Ilustrasi mobil bekas Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jakarta -

Kelas menengah jadi salah satu yang terdampak ekonomi karena Corona. Banyak pemilik Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang diprediksi bakal menjual mobilnya.

Demikian diprediksi Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih dalam perbincangan dengan detikcom. Dia memprediksi pandemi virus Corona akan merambah ke segmen kelas menengah, di mana kelas ini didominasi oleh para pemilik kendaraaan pertama.

"Virus Corona ini akan berdampak pada konsumen dan masyarakat kelas menengah yang paling terdampak. Pada kelas menengah ini kebanyakan didominasi oleh pengendara yang menggunakan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, dan menjadi kendaraan pertama mereka," kata Herjanto.

"Karena para pemilik Toyota Avanza dan Xenia saat ini banyak yang membutuhkan uang, dan pengguna mobil ini baru memiliki kendaraan atau sebagai mobil pertama mereka. Akan banyak dari mereka akan menjual kendaraan nya tersebut," Herjanto menambahkan.

Herjanto memprediksi banyaknya pemilik kendaraan pertama yang menjual mobil akan terus terjadi hingga Juni-Agustus 2020.

"Nanti puncaknya pada Juni-Agustus 2020 akan banyak pengendara yang menjual mobil. Harga akan turun, akibat penawaran tinggi tapi demandnya tidak ada. Perkiraaan saya apabila ini terjadi, para pemilik mobil pertama ini yang akan menjual kendaraan nya duluan, soalnya mereka yang terkena dampak pertama," ujar Herjanto.

"Setelah itu, baru orang yang punya dua mobil, akan ada yang menjual satu mobil miliknya. Proses ini akan cepat demi bisa bertahan di masa pandemi," tutup Haryanto.



Simak Video "Tambah 3.989, Total Kasus Positif Covid-19 di RI Jadi 244.676"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com