Kamis, 07 Mei 2020 15:30 WIB

Hyundai Ioniq Jadi Armada Khusus Tenaga Medis Rujukan COVID-19 di RI, Gratis!

Ridwan Arifin - detikOto
Grab Indonesia Armada Grab khusus pengantar tenaga medis RS rujukan COVID-19 Foto: Grab Indonesia
Jakarta -

Awal tahun lalu, mobil listrik Hyundai Ioniq resmi menjalin kerjasama dengan Grab. Kini, mobil itu akan mengantar 73 tenaga kesehatan yang bepergian antara Rumah sakit (RS) Angkatan Laut Mintohardjo (RSAL Mintohardjo) dan Le Meridien Hotel.

Layanan taksi online anti-corona ini merupakan kerjasama antara Grab Indonesia dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Armada GrabCar khusus tersebut dilengkapi partisi plastik di dalam mobil yang melindungi pengemudi dan penumpang, serta didisinfeksi secara berkala sehingga dapat mencegah penyebaran virus Corona.

"Untuk memastikan mobilitas yang aman selama masa PSBB ini, kami telah menghadirkan armada roda empat khusus dengan standar keamanan terpadu dan kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk membantu mobilitas para tenaga kesehatan dalam beristirahat setelah bertugas dalam menangani pasien COVID-19," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam keterangan resminya.

"Kami berharap upaya kami dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam mengurangi penyebaran kurva COVID-19 di Indonesia. Ini juga merupakan bagian dari misi GrabForGood kami dimana kami selalu berusaha untuk dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia melalui inovasi kami yang kami miliki di ekosistem kami," pungkas Ridzki.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Wishnutama Kusubandio mengaku sangat senang bahwa Grab juga turut berpartisipasi untuk menyediakan moda transportasi khusus yang menjamin kebersihan dan keselamatan penumpang dan juga mitra pengemudi.

"Kami yakin kolaborasi ini dapat memberikan rasa aman bagi mobilitas tenaga kesehatan maupun masyarakat yang membutuhkan di masa pandemi ini serta kedepannya mendukung industri pariwisata Indonesia untuk bangkit kembali," ujarnya.

Armada khusus ini akan dapat digunakan oleh para tenaga kesehatan di RS Angkatan Laut Mintoharjo melalui layanan Concierge Web Booking yang telah tersedia di Hotel Le Meridien. Para tenaga kesehatan dapat melakukan pemesanan dengan bantuan tim petugas Grab yang telah siap siaga sesuai dengan jadwal penjagaan mereka.

Selama masa pandemi ini, para tenaga kesehatan tidak akan dikenakan biaya dalam menggunakan armada GrabCar khusus ini karena layanan ini telah dibantu oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Grab melalui skema Grab For Business, sebagai bagian dari upaya pemerintah mendukung kinerja para tenaga kesehatan dalam menangani pandemi ini. Grab juga akan terus ekspansi armada khusus ini ke berbagai RS rujukan untuk mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19.



Simak Video "Tetap Jaga Jarak, Kamu Bisa Kirim Banyak Paket Tanpa Keluar Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com