Selasa, 05 Mei 2020 08:13 WIB

McLaren MP4-12C Babak Belur di Jagorawi, Pajaknya Rp 90 Juta Lebih

Ridwan Arifin - detikOto
Supercar McLaren mengalami kecelakaan tunggal di Ruas Jalan Tol Jagorawi, Minggu (3/5) diduga karena kelalaian pengemudi. Akibatnya, pengemudi dan penumpang mengalami luka ringan. McLaren MP4-12 C hancur setelah mengalami kecelakaan di Tol Jagorawi, akhir pekan lalu (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Di akhir pekan lalu sebuah super car mengalami kecelakaan d Tol Jagorawi. Punya banderol harga miliaran rupiah, McLaren MP4-12C tersebut pajaknya tembus Rp 90 juta.

McLaren MP4-12C mengalami kecelakaan tunggal di ruas Tol Jagorawi pada Minggu (3/5) siang waktu setempat. Menurut laporan kepolisian, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Pengendara mobil dan satu penumpang hanya mengalami luka ringan.

Dalam foto-foto yang beredar luas, terlihat McLaren MP4-12C mengalami kerusakan sangat parah. Bentuknya malah nyaris tak bisa dikenali lagi. Body depan dan belakang ringsek habis, sedangkan pintu sisi sopir tak ada entah ke mana.



Kepolisian menduga kecelakaan terjadi karena pengemudi kurang hati-hati sehingga mengalami selip. Diyakini mobil melaju dengan kecepatan sangat tinggi sebelum menghantam pohon palem yang berada di pinggir jalan.

Dilihat dari situs Samsat Jakarta, McLaren tersebut merupakan produksi tahun 2012. Sementara Pajak Kendaran Bermotor (PKB) Pokoknya sebesar Rp 90.405.000. Itu masih belum ditambah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp 143 ribu, sehingga totalnya pajak Rp 90.548.000.

Pertama diluncurkan pada 2011, McLaren MP4-12C merupakan sportcar jagoan McLaren. Mobil ini didesain untuk kecepatan tinggi, dengan dukungan kerangka yang terbuat dari serat karbon yang digunakan dalam teknologi mobil Formula 1 mereka.



Kemampuan yang dimilikinya juga tidak maun-main. Mesin berkonvigurasi V8 berkapasitas 3.798 cc twin-turbo disematkan dalam mobil ini. Hasilnya tenaga yang dikeluarkan hampir menyentuh 600 hp. Untuk melesat dari 0 sampai 100 km/jam, mobil ini hanya butuh 3,1 detik saja.



Simak Video "Detik-detik Mobil Seruduk Pedagang Hingga 4 Motor di Tanah Abang"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com