Jumat, 01 Mei 2020 18:28 WIB

Hitachi Ikut Patungan Bangun SPLU untuk Kendaraan Listrik

M Luthfi Andika - detikOto
SPLU Hitachi dan Gridserve SPLU Hitachi di Inggris Foto: Pool (Autocar)
Jakarta -

Produsen teknologi Hitachi akan ikut bersaing merasakan kerasnya industri otomotif. Dikatakan, perusahaan asal Jepang ini akan menggelontorkan dana besar kepada Gridserve's Nationwide Network untuk bisa melahirkan SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) bersama di Inggris.

Dikutip autocar, Hitachi menggelontorkan dana hingga 5,6 juta poundsterling untuk bisa mengembangkan stasiun pengisian baterai mobil listrik bersama Gridserve. Kedua perusahaan ini rencananya akan memiliki 100 SPLU pada musim panas mendatang, membangun jaringan bus listrik dan bakal mendirikan satu lembaga keuangan untuk konsumen kendaraan listrik.

Selanjutnya dikatakan stasiun pengisian baterai mobil listrik pertama Hitachi dan Gridserve akan berada dekat Braintree di Essex, dengan menawarkan 24 stall kendaraan untuk mengisi daya secara bersamaan dengan kecepatan hingga 350kW.

"Kami telah merancang Perintis Listrik kami sepenuhnya di sekitar kebutuhan pengemudi kendaraan listrik, memperbarui model pompa bensin untuk masa depan karbon nol-karbon," ucap CEO Gridserve, Toddington Harper.

SPLU Hitachi dan GridserveSPLU Hitachi dan Gridserve Foto: Pool (Autocar)

SPLU Hitachi dan Gridserve akan ditenagai oleh kombinasi panel surya yang terpasang pada setiap atap SPLU, dan akan disuplai tenaga dari lahan terpisah yang dipenuhi panel surya. Ini dilakukan untuk mencapai target emisi karbon namun tetap memiliki harga yang terjangkau.

Layaknya SPBU konvensional yang melayani pengisian bensin, tempat pengisian baterai listrik atau SPLU Hitachi dan Gridserve juga akan memiliki luas tanah hingga 2,5 hetar, bakal tersedia supermarket kecil, kedai kopi, area lounge dengan fasilitas wi-fi.

Akan tetapi yang menjadi pembeda dari fasilitas ini ialah fasilitas ini akan ikut menyediakan pusat pendidikan untuk kendaraan listrik, bertujuan untuk membantu pelanggan untuk memahami akan kendaraan listrik, melakukan uji coba kendaraan listrik, dengan tujuan akhir dapat mendapat kepercayaan dan dukungan transisi peralihan untuk menggunakan kendaraan listrik.

SPLU Hitachi dan GridserveSPLU Hitachi dan Gridserve Foto: Pool (Autocar)

"Semakin banyak orang yang ingin membeli kendaraan listrik tetapi khawatir bagaimana cara mengisi ulang mereka. Kami akan membantu mengatasi tantangan itu dan memberikan kepercayaan yang dibutuhkan untuk beralih ke transportasi listrik," tutup Harper.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com