Kamis, 23 Apr 2020 07:42 WIB

Mitsubishi Tutup Sementara Pabriknya Hingga Akhir April

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sejak diluncurkan Agustus lalu, pemesanan Xpander kini mencapai 23.000 unit. Pabrik Mitsubishi disetop sementara karena virus Corona. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Beberapa pabrik otomotif di Indonesia menutup sementara aktivitas produksi kendaraannya. Penutupan sementara itu menyusul kebijakan pemerintah terkait pemutusan penyebaran virus Corona (COVID-19).

Di beberapa daerah diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Aktivitas industri otomotif pun dihentikan sementara untuk mendukung peraturan soal PSBB tersebut.

Kini, giliran Mitsubishi yang mengumumkan penutupan sementara pabriknya. Pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) ditutup sementara hingga akhir April.

"Produksi dihentikan sementara mulai tanggal 20 April 2020 sampai dengan akhir April 2020. Namun demikian, kami masih terus memantau situasi pasar otomotif Indonesia dan ekspor yang saat ini berada dalam kondisi kurang baik," kata HR & GA Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), Prianto, dalam keterangan tertulisnya kepada detikOto.

Pabrik MMKI memproduksi Mitsubishi Xpander. Pabrik MMKI memproduksi Mitsubishi Xpander. Foto: Agung Pambudhy

Penghentian sementara aktivitas produksi di pabrik Mitsubishi itu dilakukan MMKI untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi COVID-19 melalui kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kesehatan dan keselamatan karyawan kami, keluarga mereka dan lingkungan terdekat perusahaan adalah prioritas utama MMKI. Kami juga mempertimbangkan situasi dari pasar otomotif domestik dan ekspor yang mengalami penurunan permintaan," sebut Prianto.

Sementara pabrik ditutup, Prianto menegaskan pihaknya tidak memiliki rencana untuk memotong atau mengurangi gaji para pekerjanya.



Simak Video "Ini Sebaran Kasus Positif Corona di 34 Provinsi Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com