Rabu, 22 Apr 2020 10:50 WIB

Asyik...Masa Garansi Mobil yang Habis saat PSBB Diperpanjang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar Daihatsu National Technical Skill Contest yaitu ajang adu kemampuan teknisi Daihatsu se-Indonesia. Acara ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan teknisi Daihatsu. Masa garansi yang habis saat pandemi bisa diperpanjang. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) membuat aktivitas publik dibatasi. Di beberapa wilayah diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Karena PSBB, bengkel resmi berbagai merek kendaraan pun terpaksa ditutup.

Beberapa agen pemegang merek (APM) kendaraan di Indonesia memutuskan untuk memperpanjang masa garansi mobil konsumen yang jatuh tempo pada masa pandemi. Misalnya, bagi pemilik mobil Daihatsu yang garansinya habis di masa PSBB, Daihatsu memberikan solusi dan dispensasi berupa perpanjangan garansi khusus bagi pemilik mobil Daihatsu yang habis masa garansi pada periode PSBB, yakni April-Mei 2020.

"Daihatsu ingin mengutamakan kepuasan dan ketenangan pelanggan. Kami menyadari garansi kendaraan merupakan hal yang penting bagi pelanggan. Dengan adanya dispensasi ini, pelanggan tetap mendapatkan haknya berupa garansi kendaraan di masa PSBB ini," ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Konsumen bisa melakukan booking service dengan menghubungi bengkel resmi dan menginformasikan kendala teknis yang dihadapi. Perbaikan dan servis unit akan dilakukan pada waktu yang aman atau setelah masa PSBB berakhir.

Daihatsu juga terus melakukan update untuk dispensasi perpanjangan garansi berdasarkan perkembangan situasi terkini sesuai penerapan PSBB yang ditetapkan oleh pemerintah di wilayah masing-masing.

Selain Daihatsu, Toyota juga melakukan hal yang sama. Bengkel resmi Toyota, Auto2000, menawarkan program penangguhan periode garansi. Jika mobil mengalami masalah dan harus diperbaiki selama masa social/physical distancing, Auto2000 sebagai dealer resmi Toyota membantu dengan adanya penangguhan periode warranty atau garansi hingga dijadwalkan waktu servis oleh bengkel Auto2000 setelah wabah mereda. Hal ini sesuai dengan kebijakan COVID-19 Limited Extended Warranty dari Toyota Astra Motor selaku Agen Pemegang Merek Toyota.

Bengkel Auto2000 juga menawarkan perpanjangan garansi. Bengkel Auto2000 juga menawarkan perpanjangan garansi. Foto: Auto2000

Kebijakan COVID-19 Limited Extended Warranty diberikan pada kendaraan Toyota yang habis masa garansinya pada rentang bulan Maret-Mei 2020. Pemilik mobil Toyota bisa melakukan booking service pada waktu yang aman sembari menjelaskan kendala teknis yang dihadapi serta ketidakhadiran ke workshop Auto2000 karena masalah virus COVID-19.

Nantinya, pemilik mobil Toyota tetap bisa datang ke cabang Auto2000 untuk klaim garansi, tapi sebaiknya melakukan booking service untuk memastikan ketersediaan layanan, fasilitas, dan teknisi. Garansi resmi Toyota juga tetap sama, yaitu 3 tahun atau 100.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Selain adanya extended warranty, Auto2000 memiliki layanan THS - Auto2000 Home Service, di mana pelanggan tetap #DiRumahAja dan mobil di servis di lokasi pelanggan. Ditambah lagi pelanggan akan mendapatkan bonus oli TMO gratis langsung dengan mengakses layanan ini dengan booking via website.

"Walaupun Auto Family #DiRumahAja, kesehatan mobil Toyota kesayangan tetap harus diperhatikan agar tetap prima dan garansi tetap terjaga. Kemudahan yang diberikan Auto2000 seperti menerima perpanjangan garansi asalkan pelanggan melakukan booking untuk servis di waktu yang aman, dan adanya THS-Auto2000 Home Service diharapkan membuat pelanggan lebih tenang dan dapat menjaga kesehatan diri dan keluarganya. Kami juga berdoa semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir." terang Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000 dalam siaran persnya.

Tak cuma mobil penumpang, mobil komersial seperti Tata Motors pun menawarkan hal serupa. Pemilik kendaraan niaga Tata Motors yang masa garansinya akan habis di rentang 15 Maret-15 Mei 2020 dan terkena dampak kebijakan di masa pandemik tidak perlu khawatir. APM Tata Motors, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memperpanjang masa garansi dan free service selama 2 bulan.

Sehingga di rentang waktu tersebut pelanggan tetap bisa klaim garansi dan memanfaatkan layanan free service. Langkah tersebut dibuat setelah masa karantina di beberapa provinsi diperpanjang.

"Keselamatan dan kesehatan karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis adalah prioritas Tata Motors saat ini. Customer tidak perlu khawatir tidak bisa klaim dan tidak bisa mendapat pelayanan free service," ujar Presiden Direktur Tata Motors Distribusi Indonesia, Biswadev Sengupta.



Simak Video "Perhatikan! Ada Lambang Tersembunyi di Logo-logo Terkenal Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com