Senin, 20 Apr 2020 22:34 WIB

Terpaksa ke Luar Rumah saat PSBB? Perhatikan 7 Tips Berkendara Ini

M Luthfi Andika - detikOto
Polisi melakukan imbauan kepada pengendara mobil untuk dapat mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Menteng, Jakarta (11/4/2020). Iimbauan ini dilakukan agar masyarakat menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 14 hari, yang salah satu aturannya adalah pembatasan penumpang kendaraan serta anjuran untuk menggunakan masker jika berkendara. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp. Ilustrasi berkendara di masa PSBB Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

Karena berbagai alasan, kita mau tak mau tetap harus beraktivitas di luar ruangan dalam periode PSBB ini. Asalkan memerhatikan tips-tips ini, tak usah khawatir saat ke luar.

Banyak kota di Indonesia sudah menerapkan PSBB untuk menekan penyebaran virus corona. Kebijakan pembatasan sosial berskala besar tersebut dinilai efektif dalam membatasi ruang penyebaran virus.

Tapi karena berbagai keadaan dan kebutuhan, kadang kita tetap harus pergi ke luar rumah. Berbelanja kebutuhan sehari-hari atau melakukan aktivitas lain yang tidak terhindarkan. Dalam kondisi seperti itu tak perlu khawatir. Yang harus jadi perhatian utama adalah tetap menjaga social distancing, memakai masker, dan tidak menyentuh wajah.

Berikut tips berkendara di tengah pandemi corona dan penerapan PSBB, dalam rilis yang diterima detikOto pabrikan ban Goodyear:

1. Pastikan Anda menggunakan masker, membawa hand sanitizer, kertas tissue basah dan kering. Juga desinfektan serta lap mobil bersih. Kantung belanja dan kantong plastik juga perlu disiapkan.

2. Kalau terpaksa harus menekan tombol atau teralis ditempat umum, jangan ragu gunakan siku atau alat bantu. Bungkus jari Anda dengan kertas tissue bila perlu, gunakan sekali lalu buang pada tempatnya.

3. Lakukan tugas Anda sesegera mungkin dan kembali ke rumah. Kalau Anda tidak sempat mencuci tangan selama di luar, jangan sentuh wajah Anda sampai tiba di rumah. Selalu ingat menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.

4. Perhatikan dan lakukan PSBB. Batasi jumlah orang dalam satu kendaraan. Pastikan sopir Anda juga menggunakan masker. Kosongkan bangku samping pengemudi, dan mintalah jendela pintu pengemudi dibuka sedikit. Penumpang kedua duduk dideret belakang.

5. Ketika Anda sudah tiba di rumah. Semprotkan disinfektan pada lap baru dibalurkan untuk area yang memiliki kemungkinan tinggi di sentuh orang lain seperti pegangan pintu, jok mobil dan dashboard.

6. Bila Anda harus #bekerjadarirumah, pastikan mobil dalam keadaan bersih dan siap penggunaan darurat. Nyalakan mesin, buka kaca jendela mobil semua lalu hidupkan AC selama 15 menit internal full blower. Kemudian tutup kembali kaca jendela. Matikan mesin.

7. Bila ada beberapa kartu pengingat, baca dulu. Mana tahu ada tenggat waktu mepet harus ganti oli atau pemeriksaan berkala accu dan lainnya. Setelah semua aman. Baru kita bisa cabut kutub positif accu bila Anda berpikiran untuk tidak menggunakan kendaraan selama lebih dari dua minggu.



Simak Video "Dari 5 Juli-3 Agustus, Denda Pelanggaran PSBB di DKI Capai Rp 1,5 M"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com