Jumat, 17 Apr 2020 13:54 WIB

Bagaimana Konsumen Bisa Test Drive Mobil saat Dealer Tutup Selama PSBB?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
DFSK Glory 580 Test drive mobil DFSK. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Beberapa wilayah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selama PSBB, dealer mobil terpaksa harus ditutup. Bagaimana kalau ada konsumen yang ingin beli mobil?

Saat ini beberapa merek otomotif di Indonesia menawarkan program penjualan secara online. Bahkan, sampai program test drive mobil pun bisa dipesan secara online.

Merek mobil asal China, DFSK, tetap menawarkan program test drive kepada konsumen yang ingin menjajal jajaran mobilnya. Menurut Digital Marketing Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia), M. Angga Adhikresna, kalau konsumen ingin melakukan test drive mobil DFSK sebelum membelinya, pihaknya bisa mengantarkan ke rumah.

"Tinggal isi aplikasi di website, ketika mau beli online atau test drive, tulis saja mau test drive, datanya akan kita kirim ke sales, sales akan datang ke rumah. Itu langsung dibawain mobilnya. Jadi sales yang jemput bola," kata Angga.

"Itu fungsinya online itu memutus rantai dari proses yang datang ke dealer, ngecek-ngecek ke dealer, ngecek-ngecek harga," tambahnya.

Arviane D. Bahar, PR & Digital Manager DFSK, menambahkan, dealer DFSK yang berlokasi di wilayah yang diterapkan PSBB tidak menerima kunjungan konsumen ke showroom. Sebagai gantinya, pihak DFSK akan mengunjungi rumah konsumen jika ingin membeli atau test drive mobilnya.

"Bengkel pun sama, intinya bengkel kami dalam masa pandemi tetap mendukung emergency assistance selama 24 jam. Dan kita punya layanan bengkel di mana mobil konsumen bisa di-pickup oleh mekanik kami ke rumah cutomer dengan perjanjian, jadi customer tidak perlu datang ke bengkel. Untuk dealer-dealer kami yang tidak terdampak aturan PSBB, tentunya tetap beroperasi tapi ada penyesuaian jam operasional," sebut Ane.



Simak Video "Dari 5 Juli-3 Agustus, Denda Pelanggaran PSBB di DKI Capai Rp 1,5 M"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com