Kamis, 16 Apr 2020 08:28 WIB

Honda Sulap MPV Jadi Kendaraan Khusus Pasien Corona

M Luthfi Andika - detikOto
Honda Odyssey Ilustrasi Honda Odyssey Foto: Istimewa
Jakarta -

Pandemi virus Corona juga ikut 'menyerang' Jepang, pabrikan otomotif di sana mencari cara untuk bisa membantu pemerintah Jepang untuk menekan penyebaran virus Corona. Salah satunya Honda Motor Co. yang mengatakan memberikan bantuan kendaraan untuk membawa pasien Corona ke rumah sakit atau ke fasilitas karantina.

Seperti dikutip automotivenews, Honda Motor Co. mengatakan telah memodifikasi 50 MPV di antaranya Odyssey dan Step Wagon untuk bisa mengangkut pasien Corona. Namun dijamin 50 mobil Honda ini akan memberikan rasa aman kepada pengendara, tanpa takut tertular virus Corona.

Modifikasi pabrikan ini terbilang aman, karena Honda membagi sistem udara di antara pengemudi dan area penumpang bagian belakang. Sehingga bisa dipastikan 50 mobil modifikasi Honda ini memiliki dua sistem pendingin udara.

Untuk sistem pendingin pada bagian pengendara akan terselip pada bagian depan, dekat pangkal wiper kaca depan. Sedangkan untuk area penumpang belakang sistem pendingin akan terselip pada sistem ventilasi bagian belakang.

Honda mengatakan bahwa sistem ventilasi satu arah yang dipasang dalam model minivan Odyssey dan Step Wagon, memastikan bahwa udara dari bagian belakang tidak memasuki ruang pengemudi. Sehingga bisa mengurangi risiko infeksi.

Lalu siapa yang memakai mobil ini ya? Honda mengatakan akan meminjamkan 50 mobil ini kepada otoritas kesehatan di Tokyo. Honda juga mengatakan tidak menutup kemungkinan akan membuat modifikasi seperti ini lebih banyak lagi untuk bisa menekan penularan virus Corona.

Tidak jauh berbeda dengan Honda Motor Co., Toyota Motor Corp juga dikatakan sedang mempertimbangkan cara untuk melengkapi taksi di Jepang untuk dijadikan operator yang membantu negara Jepang untuk mengangkut pasien yang terinfeksi.



Simak Video "Sebaran Kasus Aktif Corona RI Per 4 Oktober, Terbanyak di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com