Kamis, 09 Apr 2020 19:26 WIB

Toyota Indonesia Setop Produksi Selama 5 Hari

Ridwan Arifin - detikOto
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia merupakan perakit produk Toyota sekaligus eksportir kendaraan dan suku cadang Toyota di Indonesia. Salah satu pabriknya berada di Sunter, Jakarta. Toyota Indonesia setop produksi sementara Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB). Sejumlah industri pun berdampak, penutupan pabrik di Indonesia kali ini datang dari raksasa otomotif, Toyota.

Produsen asal Jepang ini memutuskan untuk menutup pabrik sementara terhitung mulai 13 April hingga 17 April 2020.

Dalam keterangan resminya, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) penutupan pabrik selama 5 hari itu mempertimbangkan faktor-faktor seperti mengantisipasi penurunan permintaan dalam negeri dan ekspor, kondisi pasokan komponen, dan kebutuhan utama untuk melindungi karyawan dan pemangku kepentingan, serta upaya dan arahan pemerintah untuk mengatasi wabah COVID-19.

"Kami selalu memastikan bahwa semua kegiatan penyesuaian aktivitas di TMMIN selalu mendapatkan persetujuan dari otoritas nasional dan lokal," ujar Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam dalam siaran persnya, Kamis (9/4/2020).

Keputusan pembukaan kembali pabrik Toyota akan ditetapkan menyesuaikan kondisi di lapangan untuk tetap memenuhi kebutuhan pelanggan dan ekspor.

"Selanjutnya, sambil berjalan, kami akan terus memantau perkembangan situasi termasuk kemungkinan untuk segera kembali melakukan aktivitas produksi ketika ada pembaruan tentang kondisi pasokan dan permintaan pelanggan," terang Bob Azam.

TMMIN memastikan bahwa pelaksanaan seluruh aktivitas perusahaan selama pemberlakuan PSBB akan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sementara untuk aktivitas ekspor - impor dan logistik akan tetap tetap berjalan di bawah pengawasan pembatasan sosial dan keamanan kesehatan yang ketat.



Simak Video "Ada 258 Kasus Baru di Jakarta Jelang Berakhirnya PSBB Transisi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com