Selasa, 31 Mar 2020 17:49 WIB

Water Cannon: Dulu Bubarkan Demo Masa, Kini Usir Virus Corona

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Petugas kepolisian Polresta Tangerang menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan mobil Armor Water Canon (AWC) di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (24/3/2020). Penyemprotan cairan disinfektan di wilayah tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Fauzan/nz Water cannon semprot disinfektan di jalan raya. Foto: Antara Foto
Jakarta -

Kendaraan taktis (rantis) milik Polisi Republik Indonesia (Polri) ada berbagai jenis. Salah satunya adalah rantis untuk pembubar massa demo berupa water cannon yang bisa menyemburkan air.

Kini, di saat-saat krusial ketika Indonesia 'diserang' pandemi virus corona (COVID-19), rantis water cannon tersebut tidak digunakan untuk mengusir massa demonstrasi, tapi dimanfaatkan untuk mengusir virus corona yang mungkin singgah di beberapa titik di tempat umum.

Water Cannon dimanfaatkan untuk semprot disinfektan. Water Cannon dimanfaatkan untuk semprot disinfektan. Foto: Water canon semprotkan cairan disinfektan di Kabupaten Tangerang (dok.istimewa)

Polisi di berbagai daerah di Indonesia memanfaatkan kendaraan water cannon untuk menyemprotkan disinfektan. Air yang biasanya digunakan untuk membubarkan massa diganti dengan cairan disinfektan untuk membunuh virus COVID-19.

Salah satu water cannon yang dimiliki Kepolisian Indonesia merupakan buatan Korea Selatan, dengan kode DWC6500 produksi perusahaan Daejicar.

Mengutip situs daejicar.koreasme.com, kendaraan lapis baja ini memiliki penggerak 4x2, dengan transmisi 6 percepatan dan 1 gigi mundur.

DWC6500 dibekali mesin diesel 11.051 cc, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 320 daya kuda pada 2.100 rpm. Truk ini juga sudah dibekali ban jenis run flat tire, sehingga truk tetap bisa melaju kendati ban kempis atau bocor sekalipun.

Untuk kapasitas tangki airnya sendiri, bisa menampung 6.500 liter air. Dan untuk menyemprotkan semburan air ke objek, bisa dilakukan melalui tongkat joystick maupun monitor. Truk ini bisa menyemprotkan air hingga jarak 50 meter.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com