Cegah Penularan Corona, Bersihkan 5 Bagian Mobil Ini

Yudistira Imandiar - detikOto
Senin, 30 Mar 2020 18:20 WIB
Mobil Wuling
Foto: shutterstock
Jakarta -

Virus Covid-19 dapat menular melalui beberapa cara, di antara cara penularan, yaitu droplet dari batuk atau bersin orang yang sudah terinfeksi atau melalui sentuhan dengan benda yang terpapar virus.

Guna mencegah penularan, dianjurkan mencuci tangan secara rutin dengan air mengalir atau cairan antiseptik, dan membersihkan benda-benda di sekitar. Mobil pun perlu dibersihkan secara rutin agar bebas dari paparan virus corona.

Melansir consumerreports.org, bagian mobil yang sering disentuh wajib dibersihkan buat mencegah penyebaran virus Covid-19. Berikut ini ulasan area mobil yang mesti dibersihkan secara rutin.

Handle pintu

Bagian tersebut sudah tentu disentuh baik oleh supir dan penumpang saat hendak masuk mobil. Karena terletak di luar, handle pintu rentan terpapar virus, bakteri, dan sebagainya. Sebaiknya, bersihkan handle pintu menggunakan air dan sabun saat mencuci mobil, atau supaya lebih aman semprotkan sedikit cairan disinfektan sebelum memegangnya.

Stir kemudi

Stir termasuk bagian yang paling lama dipegang selama mengemudi. Oleh sebab itu, bersihkan bagian tersebut dengan cairan disinfektan sebelum memegangnya. Selain itu, bersihkan juga tangan pengemudi untuk mencegah kemungkinan virus menempel di stir.

Tuas lampu dan wiper

Selama berkendara, pengemudi akan sering menyentuh tuas lampu untuk menyalakan sein atau lampu utama ketika malam hari. Pun begitu dengan tuas wiper yang dioperasikan saat turun hujan. Meskipun hanya menyentuh tuas tersebut dengan ujung jari, bersihkan bagian tersebut secara berkala. Sebab, virus bisa saja menempel di jari dan terhirup lewat hidung dan mulut ketika pengemudi memegang wajah.

Tuas perseneling

Baik di mobil bertransmisi manual maupun otomatis, pengemudi pasti harus menyentuh tuas perseneling. Oleh sebab itu, bagian tersebut juga perlu dibersihkan dan disemprot disinfektan bila perlu.

Head unit

Head unit touchscreen, seperti yang terpasang pada Wuling Confero S ACT maupun Wuling Almaz sering disentuh oleh pengemudi maupun penumpang selama perjalanan. Karena itu, layar sentuh head unit mesti dibersihkan. Tapi jangan disiram air ya, cukup gunakan lap bersih dengan sedikit campuran disinfektan.

Menjaga mobil tetap bersih merupakan cara terbaik agar bisa berkendara aman dari risiko virus Covid-19. Berkendara akan semakin menyenangkan dengan mobil nyaman bertabur fitur modern, seperti Wuling Confero S ACT dan Wuling Almaz.

Confero S Act menggunakan kopling otomatis, sehingga tidak perlu menginjak pedal kopling untuk memindahkan gear percepatan. Fitur keselamatan dan kenyamanannya mumpuni, antara lain ABS, EBD, seat adjuster, head unit 8 inch touchscreen terintegrasi dengan steering switch. Informasi lebih lengkap mengenai Wuling Confero S ACT dapat dilihat di sini.

Sementara itu, Wuling Almaz punya sederet fitur pendukung kenyamana SUV medium. Untuk keselamatan, terdapat ABS, EBD, BA, serta Electronic Stability Control (ESC). Fitur multimedianya terpusat pada head unit dengan multi information home screen, dilengkapi pula dengan teknologi Wuling Indonesian Command untuk memberikan perintah kepada sistem elektronik lewat suara. Cari tahu lebih lanjut mengenai Wuling Almaz di sini.

Di tengah situasi pandemi corona yang mendesak masyarakat untuk melakukan physycal distancing, Wuling Indonesia memberikan layanan Home Service dan home Test Drive untuk melakukan perawatan mobil dan test drive mobil Wuling di rumah. Informasi mengenai booking home service dan home test drive dapat dilihat di sini.



Simak Video "Cerita Jejak Perjalanan 3000 KM"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)