Kamis, 19 Mar 2020 19:37 WIB

Sudah Hadirkan Agya Terbaru, Toyota Kapan Luncurkan Raize di RI?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota Raize Toyota Raize. Foto: Toyota Motor Corporation
Jakarta -

Toyota di Jepang telah meluncurkan SUV compact bermesin 1.000 cc turbo, yaitu Toyota Raize. Sudah sejak akhir tahun lalu mobil itu mengaspal di Jepang. Namun, sampai sekarang Raize belum juga meluncur di Indonesia.

Konsumen di Indonesia mungkin tak sabar melihat langsung Raize, SUV compact yang penjualannya di Jepang membludak. Tapi, kapan mobil itu meluncur di Indonesia?

"Sulit jawabnya nih. Ya seperti Anda tahu, kami selalu mempelajari keinginan konsumen untuk memuaskan mereka. Tapi sayangnya kami belum memutuskan apa-apa mengenai itu," jawab Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor Kazunori Minamide di sela-sela peluncuran Toyota Agya terbaru yang ditayangkan di channel YouTube Toyota Indonesia, Kamis (19/3/2020).

"Jadi, tunggu saja sampai waktu yang tepat," sebutnya.

Raize merupakan mobil penumpang model SUV Compact, dengan ukuran panjang kurang dari empat meter. Mobil ini adalah hasil kolaborasi dengan Daihatsu yang memiliki kembaran, Daihatsu Rocky.

Kendati berukuran compact, Raize diklaim Toyota sebagai mobil SUV terdepan di kelasnya. Tidak cuma itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih pencegah kecelakaan. Toyota Raize mendapat paket fitur keselamatan Smart Assist.

Mobil ini juga tersedia dengan penggerak dua roda front wheel drive (2WD) dan empat roda (4WD). Raize dijual dengan mesin 1.000 cc turbo dengan kode 1KR-VET. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Toyota Raize memiliki mesin 1.000 cc, 3 silinder, berpendingin air, dengan turbo intercooler memiliki tenaga hingga 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Diberitakan sebelumnya, sepanjang Januari 2020 Toyota Raize sudah terjual sebanyak 10.220 unit di Jepang. Angka itu terus meningkat dari raihan penjualan Desember 2019 (9.117 unit) dan November (7.484 unit).

Raize secara mengejutkan telah mengalahkan model terlaris Toyota Corolla yang pada Januari 2020 mencatat angka penjualan 8.480 unit. Toyota Raize juga mempecundangi model-model SUV ternama sebelumnya seperti Toyota RAV4, C-HR, dan Honda Vezel, yang memiliki penjualan kuat di segmen ini.



Simak Video "Ngevlog Otomotif Ala Motomobi Bareng Toyota Rush"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com