Kamis, 19 Mar 2020 18:33 WIB

Produksi Mobil Setop karena Corona, Ford dan GM Mau Bikin Alat Kesehatan

Rizki Pratama - detikOto
Logo Ford Produksi mobil berhenti sementara, Ford dan GM beralih produksi alat kesehatan Foto: Francois Lenoir/Reuters
Jakarta -

General Motors dan Ford sedang menjajaki peluang memproduksi peralatan medis seperti ventilator. Ventilator merupakan alat medis yang sangat berguna dalam perawatan pasien terkena corona.

Presiden Eksekutif GM, Mary Barra, sudah melakukan pertemuan dengan penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow. Mereka membahas tentang penutupan sementara pabrik mobil mereka di Detroit. Dalam pertemuan itu dibahas tentang peluang GM memproduksi alat kesehatan ventilator demi membantu melawan pandemi corona.

"Kami sedang bekerja untuk membantu menemukan solusi bagi bangsa selama masa sulit ini dan telah menawarkan bantuan, dan kami sedang mempelajari bagaimana kami dapat berpotensi mendukung produksi peralatan medis seperti ventilator," kata jura bicara GM, Jenannine Ginivan.

Perusahaan mobil lainnya asal Amerika, Ford, juga telah menyatakan hal serupa.

"Kami siap membantu administrasi dengan cara apa pun yang kami bisa, termasuk kemungkinan memproduksi ventilator dan peralatan lainnya. Kami telah melakukan diskusi awal dengan pemerintah AS dan sedang melihat kelayakannya," demikian pernyataan dari Ford

Presiden Trump pada hari Rabu meminta Undang-Undang Produksi Pertahanan yang dapat digunakan untuk memaksa produsen membuat ventilator dan peralatan medis lainnya untuk memerangi pandemi corona. Selama Perang Dunia II, GM, Ford dan pembuat mobil lain pernah merombak pabrik mobil untuk membangun tank, pesawat terbang dan peralatan militer hingga membuat Detroit dijuluki "Arsenal of Democracy".

Kudlow memuji gagasan industri otomotif yang memproduksi peralatan medis ketika menghadapi pandemi corona. "Itu semacam semangat yang bisa kita dengar dan lihat," kata Kudlow.

GM dan Ford dapat menghadapi rintangan yang signifikan sebelum dapat membangun peralatan medis yang rumit seperti ventilator. Belum ada keterangan lebih lanjut bagaimana dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Tidak hanya di Amerika Serikat, Inggris juga meminta produsen termasuk Ford, Honda dan Rolls Royce membuat peralatan kesehatan termasuk ventilator. Pemerintah Inggris juga meminta hotel untuk menjadi tempat karantina atau rumah sakit.

Di China, mitra Apple Foxconn dan SAIC-GM-Wuling Automobile Co Ltd, telah membuat jalur produksi untuk membuat masker dan pakaian medis.



Simak Video "Awas! Ada 53 Kabupaten/Kota Punya Risiko Kenaikan Kasus Corona Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com