Jumat, 13 Mar 2020 07:39 WIB

Mobil Hybrid yang Pernah Ditumpangi Anies Baswedan Setop Produksi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BMW i8 Roadster masuk jalur produksi BMW i8. Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta -

Mobil sport berteknologi plug-in hybrid dari BMW, BMW i8, akan disetop produksinya. Setelah enam tahun, BMW i8 akan berakhir pada April 2020.

Hal itu ditegaskan oleh BMW melalui pernyataan resminya. BMW i8 Coupe maupun BMW i8 Roadster akan dihentikan produksinya.

Menurut BMW, BMW i8 dengan suntikan tenaga listrik itu terjual lebih dari 20.000 unit sejak diluncurkan pada 2014. BMW i8 disebut memegang pangsa pasar global lebih dari 50% di segmen mobil sport dengan tenaga listrik. Posisi itu bisa dipertahankan setidaknya hingga pertengahan April 2020. Setelahnya, BMW i8 akan menjadi mobil klasik di masa depan.

Sebagai informasi, BMW i8 merupakan mobil sport dengan konfigurasi kursi 2+2. Baterai yang menyuplai tenaga listrik diposisikan secara terpusat di bawah lantai mobil, sehingga pusat gravitasi terfokus ke bawah.

Produksi BMW i8 akan disetop mulai April 2020. Produksi BMW i8 akan disetop mulai April 2020. Foto: Pool (Autoevolution)

Mobil ini ditenagai dengan mesin bensin berkapasitas kecil, 1.500 cc tiga silinder. Tapi jangan salah, mesin itu bisa menyemburkan tenaga hingga 228 daya kuda dengan torsi maksimal 320 Nm. Mesin itu menggerakkan roda belakang melalui transmisi Steptronic enam percepatan.

Mesin bensin 1.500 cc tak sendirian, ada motor elektrik yang menggerakkan roda depan. Motor elektrik itu mampu memuntahkan tenaga hingga 141 daya kuda. Jika ditotalkan dengan mesin bensinnya, maka tenaga yang bisa dikeluarkan mobil ini mencapai 369 daya kuda, cukup untuk membawa mobil melesat dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam 4,4 detik sebelum mencapai kecepatan tertinggi yang dibatasi sampai 250 km/jam.

BMW i8 versi facelift mendapatkan baterai yang lebih besar berkapasitas 11,6 kWh. Baterai itu bisa membawa mobil melaju sampai 55 km tanpa meminum setetes bensin pun.

Anies konvoi mobil listrik naik BMW i8 Roadster. Anies konvoi mobil listrik naik BMW i8 Roadster. Foto: Rengga Sancaya

BMW i8 pernah ditumpangi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika mengumumkan penyelenggaraan Formula E beberapa waktu lalu. Anies memimpin konvoi mobil listrik dari Gelora Bung Karno ke Monas.

Dalam perjalanan itu Anies naik mobil listrik BMW i8 Roadster berkelir oranye sebagai penumpang. Duduk di kursi penumpang BMW i8 Roadster, Anies memasuki kawasan Monas dengan kondisi atap mobil terbuka sembari menyapa para pengunjung yang telah menantikan kedatangannya.



Simak Video "Merasakan Mobil Masa Depan yang Menawan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com