Rabu, 11 Mar 2020 07:56 WIB

Bukan Karet, Ban untuk Jelajah Bulan Terbuat dari Baja

M Luthfi Andika - detikOto
Ban untuk Kendaraaan Penjelajah Bulan Ban untuk Kendaraaan Penjelajah Bulan. Foto: Istimewa
Jakarta -

Kalau ada yang mengatakan jalan di pasir seperti di pinggir pantai sangat berat, pernah terbayang jalan di bulan yang penuh dengan bebatuan ditambah dengan pasir? Sudah pasti jika keadaan seperti itu, ketangguhan ban sangat dibutuhkan.

Nah kali ini Bridgestone memperkenalkan ban khusus yang hanya bisa dikendarai di bulan. Seperti dikutip popularmechanics.

Pabrikan ban asal Jepang yang berdiri sejak 1931 ini tengah bekerja sama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Mereka tengah membangun ban khusus yang memang untuk dikendarai di bulan. Tidak hanya berkendara di bulan, kedua perusahaan ini dikatakan juga akan mendirikan pangkalan di bulan pada 2029 dengan Toyota.

Jika dilihat dari desain ban generasi sebelumnya, ban khusus bulan diciptakan dengan menggunakan kawat baja yang dibungkus dengan tapak titanium. Kali ini desain terbaru bakal disajikan dengan seutuhnya baja, yang disulam menjadi satu dan sudah dipajang pada ajang Consumer Electronics Show.

"Pola ban seperti ini akan mampu membantu ban mengangkat bebas tanpa menembus pasir terlalu dalam," ujar Bridgestone America's chief technology officer, Nizar Trigui.

Bidgestone juga memastikan saat ini ban sudah mulai diuji dalam satu simulasi dan tengah dicari kelemahan dari ban tersebut.



Simak Video "Ironis! Pungut Getah Karet Seharga Rp 17.000, Kakek Dibui 2 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com