Selasa, 10 Mar 2020 14:59 WIB

Laris Manis, Inden SUV Mungil Toyota Ini Sampai 4 Bulan

Luthfi Anshori - detikOto
Toyota Motor Corporation (Toyota) announces that it commenced sales of the new Penjualan Toyota Raize melampaui target. (Toyota)
Jakarta -

Sejak diperkenalkan pada bulan November lalu di pasar domestik Jepang, Toyota Raize mendapat respons positif dengan ribuan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Permintaan yang tidak sebanding dengan kemampuan suplai, akhirnya membuat konsumen harus menunggu lama. Jika memesan small SUV itu sekarang, konsumen dipastikan baru mendapat unitnya Juli atau berjarak sekitar 4 bulan.

Seperti dilaporkan Best Car Web, sepanjang Januari 2020 Toyota Raize sudah terjual sebanyak 10.220 unit. Angka itu terus meningkat dari raihan penjualan Desember 2019 (9.117 unit) dan November (7.484 unit).

Raize secara mengejutkan telah mengalahkan model terlaris Toyota Corolla yang pada Januari 2020 mencatat angka penjualan 8.480 unit. Toyota Raize juga mempecundangi model-model SUV ternama sebelumnya seperti Toyota RAV4, C-HR, dan Honda Vezel, yang memiliki penjualan kuat di segmen ini.

Sementara dibanding saudaranya Daihatsu Rocky, Toyota Raize juga lebih banyak terjual di bulan November dan Desember 2019. Di dua bulan itu, Daihatsu Rocky hanya terjual sebanyak 4.284 unit dan 3.514 unit.

Hasil penjualan yang dicapai Toyota Raize dalam 3 bulan terakhir itu sebenarnya sudah melampau target penjualan bulanan. Sebelumnya Toyota menargetkan angka 4.000 unit per bulan untuk Raize. Dengan catatan penjualan di bulan November-Desember 2019 dan Januari 2020, Raize telah melampaui target penjualan selama enam bulan.

Permintaan besar untuk Raize membuat pabrik Daihatsu di Ikeda beroperasi dengan kapasitas penuh. Pabrik ini memproduksi Raize dan Rocky. Daftar tunggu untuk pelanggan yang memesan Toyota Raize saat ini adalah sekitar empat bulan. Artinya mereka harus menunggu pengiriman unit sampai pertengahan Juli nanti.

Sebagai informasi, Toyota Raize dibangun dengan arsitektur yang identik dengan Daihatsu Rocky. Keduanya dibekali mesin 1.000 cc, 3 silinder, berpendingin air, dengan turbo intercooler, memiliki tenaga hingga 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm, yang disalurkan ke transmisi CVT.

Sementara untuk basis rangkanya, Raize menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) sedangkan Rocky memakai platform DNGA atau Daihatsu New Global Architecture.



Simak Video "Perkenalkan, SUV Futuristik Jepang dengan Cita Rasa Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com