Selasa, 10 Mar 2020 06:46 WIB

Belum Ada yang Jual, SUV Mungil 1.000 cc Bisa Laris di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Sketsa small SUV terbaru Honda Sketsa SUV terbaru Honda.Foto: Best Car Web
Jakarta -

Segmen mobil SUV kecil bermesin 1.000 cc memang belum ada di pasar Indonesia. Segmen ini pun diyakini akan menjadi potensi besar bagi industri otomotif Indonesia untuk meningkatkan volume penjualan.

"Saat ini belum ada model (mobil rakitan Indonesia-Red) yang bermain di pasar small SUV. Sehingga ini bisa jadi salah satu potensi kedepannya," terang Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, kepada detikOto, Senin (9/3/2020).

Di tingkat global sendiri, sudah ada dua model compact SUV yang dirilis resmi, yaitu Daihatsu Rocky dan kembarannya Toyota Raize. Namun dalam beberapa kali kesempatan, baik Toyota Astra-Motor (TAM), maupun Astra Daihatsu Motor (ADM), masih belum ingin berbicara lebih jauh kemungkinan memasukkan kedua model itu di Indonesia.

Sementara itu kabar terbaru juga menyebutkan, jika HPM sedang merencanakan produksi small SUV dengan basis dari hatchback, Honda Jazz. Model small SUV ini akan diperkenalkan di Jepang untuk mengisi celah antara Honda HR-V dan Fit Crosstar.

Apakah calon small SUV baru Honda itu mungkin dibawa ke Indonesia? Yusak mengatakan, sejauh ini belum ada informasi resmi dari prinsipal mereka di Jepang. Namun tidak menutup kemungkinan memasarkan model itu jika pasar Indonesia menginginkannya.


"Belum ada informasi resmi dari prinsipal kami. (Yang jelas-Red) untuk model dan segmen baru, kami selalu melihat kondisi pasar dan kebutuhan konsumen," terang Yusak.

Di Indonesia pasar SUV memang sedang bergairah, khususnya di segmen low SUV. Akhir tahun lalu, Mitsubishi memperkenalkan Xpander Cross dan di awal tahun ini Suzuki menghadirkan XL7 yang merupakan versi SUV dari Ertiga.



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com