Senin, 09 Mar 2020 12:13 WIB

Mampir ke Museum Jimny yang Super Keren di Jepang

Doni Wahyudi - detikOto
http://japanesenostalgiccar.com/suzuki-jimny-museum-japan/ Ada museum Jimny di Jepang, koleksinya keren-keren (japanesenostalgiccar)
Jakarta -

Bangunan dua lantai itu sebenarnya tak bisa dibilang besar untuk mejadi sebuah museum. Tapi di dalamnya ada koleksi super keren mobil-mobil Jimny.

Museum Jimny ini terletak di Perfektur Kanagawa, sekitar satu setengah jam perjalanan menggunakan mobil dari Tokyo. Di dalamnya terdapat puluhan koleksi mobil Jimny dengan berbagai modifikasi dan pengembangan.

Yang menarik, museum ini ternyata bukan milik Suzuki. Museum itu dipunya dan dikelola oleh Shigeru Onoue. Sudah berusia 72 tahun, Shigeru Onoue mendedikasikan nyaris separuh hidupnya untuk mencintai Suzuki Jimny.



Onoue adalah pendiri Apio, salah satu bengkel aftermarket spesialis Jimny yang sudah kenamaan di Jepang. Dia adalah sosok yang dihormati, sampai dijuluki godfather komunitas mobil Jimny di Jepang.

Dikutip dari japannostalgiccar, Onoue membeli Jimny pertamanya pada 1981 -- 11 tahun setelah mobil kecil besutan Suzuki itu pertama dirilis. Dia kemudian memodifikasi mobil tersebut menggunakan per daun, sehingga lebih nyaman dinaiki.

Dari situ namanya mulai dikenal. Hasil modifikasinya disukai banyak orang. Setelah 10 tahun lebih mendedikasikan diri untuk melayani kebutuhan orang yang ingin mempercantik Jimny-nya, pada tahun 2000 Onoue mulai berencana membuka museum. Setelah belasan tahun menanti, keinginannya terwujud pada 2018 lalu.

Onoue kini mengoleksi sekitar 30 mobil Jimny, yang semua dia simpan pada area seluas sekitar 660 meter persegi.


Begitu memasuki museum, pengunjung langsung disambut oleh HopeStar Type ON 4WD. Ini dianggap sebagai mobil pendahulu Jimny. Perusahaan HopeStar membuat mobil menggunakan mesin Mitsubishi 360cc. Hak cipta mobil tersebut kemudian dibeli oleh Osamu Suzuki (Presiden Suzuki Tokyo saat itu) dengan nilai yang kini ditaksir setara dengan Rp 6,3 miliar saat ini. Dari situlah kabarnya sejarah Jimny berasal.

Disebutkan hanya ada 18 unit HopeStar Type ON 4WD di seluruh dunia. 15 di antaranya menggunakan mesin Mitsubishi dan tiga sisanya pakai mesin Suzuki. Karena itulah HopeStar Type ON 4WD menjadi salah satu kendaraan sangat langka saat ini.

Beberapa model Jimny lain bisa ditemui di museum yang harga tiket masuknya hanya sekitar Rp 145.000 ini. Malah dipajang juga sasis Jimny yang memperlihatkan sistem penggerak roda mereka.

Di lantai dua bisa dilihat Jimny keluaran lebih baru. Termasuk Jimny yang dipakai Onoue berlomba di Reli Mongolia.



Simak Video "Saat 'Noob' Jajal Jimny Libas Medan Offroad"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com