Ungguli Indonesia, Suzuki India Akan Produksi Jimny 5.000 Unit Sebulan

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 03 Mar 2020 13:55 WIB
Setelah foto dan spesifikasi Jimny terbaru bocor di media sosial, Suzuki akhirnya secara resmi meluncurkan Jimny. Mobil bertenaga penggerak empat roda itu akhirnya dipermak habis-habisan juga usai 20 tahun hanya sekadar mempercantik tampilannya saja.
Suzuki Jimny.Foto: Dok. Suzuki
Jakarta -

Maruti Suzuki India dipastikan memproduksi Jimny secara lokal di fasilitas pabrik Gujarat. Maruti Suzuki pun mengungguli Suzuki Indonesia (Suzuki Indomobil Motor) yang juga tertarik memproduksi Jimny secara lokal untuk menyuplai pasar domestik dan ekspor.

Menurut informasi dari Autocar India, Maruti Suzuki menargetkan produksi Suzuki Jimny di angka 4.000-5.000 unit per bulan. Mengusung kode YWD, sebagian besar produksi Jimny ini akan ditujukan untuk pasar ekspor.

Kesempatan langka ini didapatkan Maruti Suzuki setelah prinsipal Suzuki di Jepang mengalami kesulitan untuk memenuhi permintaan global. Pabrik Suzuki di Kosai, Jepang, tidak memiliki kapasitas cukup untuk memproduksi Jimny dalam jumlah besar.

Untuk menyiasati hal itu, prinsipal Jepang kini tengah menyiapkan jalur perakitan baru untuk Jimny di fasilitas perakitan Maruti Suzuki di Sanand, Gujarat.

Di India, Suzuki Jimny generasi terbaru ini akan menjadi penerus model compact SUV Gypsy, yang sudah dihentikan produksinya. Dikatakan juga bahwa Maruti Suzuki akan melakukan penyesuaian untuk pasar India dengan membuat model Jimny 5 pintu, yang punya kabin lebih lapang.

Untuk diketahui, Jimny yang sudah beredar saat ini memiliki dimensi panjang 3.480 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm. Jarak antar sumbur roda 2.250 mm dengan ground clearance setinggi 210 mm. Jimny 3 pintu memiliki kapasitas bagasi belakang seluas 85 liter yang bisa lebih luas menjadi 377 liter jika bangku baris belakang dilipat.

Di balik kapnya Jimny menyelundupkan mesin K15B 1,5 liter berbahan bakar bensin. Mesin ini mampu menyentakkan tenaga sebesar 101,97 ps dan torsi 130nm. Performa itu dapat dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Untuk spek India diperkiraan Jimny akan menyajikan penggerak 4x2 dan 4x4.



Simak Video "Suzuki Gagal Triple Crown, Ducati Juara Konstruktor MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)