Sabtu, 29 Feb 2020 12:06 WIB

Motor Dituduh Lebih Banyak Menyumbang Polusi Udara Dibanding Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Polusi udara merupakan satu dari beragam persoalan yang terjadi di ibu kota. Jakarta yang masuk 10 kota termacet di dunia turut sumbang polusi udara di ibu kota Motor diklaim lebih banyak menghasilkan polusi udara ketimbang mobil (Pradita Utama/detikOto)
Jakarta -

Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia diiringi dengan meningkatnya polusi udara. Di antara mobil dan motor, Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) menyatakan motor menjadi penyumbang terbesar.

Motor jadi penyumbang utama polusi udara di Indonesia karena populasinya yang luar biasa besar. Saat ini diketahui jumlah motor mencapai lebih dari 100 juta unit.

Faktor lain yang membuat motor lebih banyak menyumbang polusi terkait dengan komponen catalytic converter. Komponen yang bekerja menyerap sisa pembakaran ini tidak bekerja sebaik yang dipakai mobil.



"Memang betul motor engin sizenya kecil, hanya satu silinder. Tetapi secara prinsip setiap pembakaran menghasilkan gas buang yang berbahaya. Untuk mobil harga catalytic nya itu Rp 13 jutaan. Kalau sepeda motor itu sekitar Rp 4 jutaan. Punya, tapi materialnya ala kadarnya," jelas Ahmad.

Selain itu converter ini dikatakan Ahmad juga tidak terintegrasi baik dengan ECU. Hal ini mengakibatkan motor tidak mendeteksi adanya gas karbon berlebih yang terbuang sehingga motor dianggap memiliki gas emisi rendah.

"Selain menjerat polutan, catalytic ini menginformasikan lewat komputerisasi tentang kondisi yang masuk ke dalamnya. Kondisi lainnya, banyak juga yang tak menggunakan catalytic ini. Produsen suka mencopot Catalytic converter, atau dia tetap ada tetap namun tidak menyambungkannya secara elektronis. Jadi diisi BBM apa saja tak masalah," ujar Ahmad.


Meski tak dapat menyebutkan sumber pasti dari mana analisa tersebut, Ahmad menyebut setiap unit motor menghasilkan polusi lebih banyak dibanding mobil. "Hyrdro carbon 4 kali lipat, partikel debunya 2 kali lipat. Nitrogen dioxidenya sekitar 1,80," tutupnya.



Simak Video "Pameran Sepeda Motor, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com