Jumat, 28 Feb 2020 16:32 WIB

Fitur Mobil Zaman Now yang Bisa Cegah Salah Injak Pedal Gas

Ridwan Arifin - detikOto
Ultrasonic misacceleration Mitigation System (UMS) Fitur pencegah salah injak pedal gas di mobil Pajero Sport. Foto: Mitsubishi
Jakarta -

Kasus salah injak pedal gas mobil kembali terjadi. Ibu hamil menjadi korban tewas usai ditabrak pemobil yang sedang belajar mengemudi. Kecelakaan maut itu disebabkan pelaku salah menginjak pedal gas.

Beberapa produsen mobil sudah mengantisipasi dengan melahirkan fitur mobil yang bisa mencegah pengemudi salah menginjak pedal gas.

Fitur itu punya nama berbeda namun memiliki fungsi yang sama untuk mencegah terjadinya kelalaian pengemudi dalam menginjak pedal gas.

Misalnya Mitsubishi memberi nama Ultra Misacceleration Mitigation System, Nissan dengan Emergency Assist for Pedal Misapplication, Daihatsu dan Toyota dikenal The Erreneous Start Prevention Function with Braking Control, dan Honda yakni Collision Mitigation Brakes and False Start Prevention.

Miss-acceleration Mitigation System kepunyaan Mitsubishi misalnya terdapat empat sensor di depan dan 4 sensor di belakang. Jadi, jika sistem membaca pengendaranya salah injak pedal, maka sistem secara otomatis akan membatalkan akselerasi.

"Syarat UMS aktif itu bukan digas pelan-pelan. Bayangannya adalah seperti mau injak rem mendadak, panik, malah injak pedal gas, baru sensor itu bekerja. Tapi kalau injak gasnya diinjak pelan-pelan, nggak berfungsi fitur itu. Jadi namanya Ultrasonic Mis-Acceleration, atau akselerasi yang tidak diharapkan baik maju maupun mundur bisa dicegah dengan fitur ini," jelas Head of Technical Service PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Boediarto beberapa waktu yang lalu.

Sedangkan fitur Emergency Assist for Pedal Misapplication yang dimiliki Nissan bisa mencegah salah injak pedal hingga di kecepatan 25 km/jam. Mobil ini akan berhenti sendiri jika sensor membaca pengemudi salah menginjak pedal.

Fitur ini dibenamkan 2 sonar yang terpasang di bumper depan dan belakang, serta tambahan kamera di atas windshield untuk membaca objek saat mobil maju dan mundur.



Simak Video "Rugi US$ 6,2 Miliar, Nissan Tutup Pabriknya di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com