Dikabarkan Setop Produksi, Datsun Masih Kirim Ratusan Mobil Baru

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 28 Feb 2020 11:40 WIB
Datsun, dikabarkan bakal menyudahi produksi mobilnya di Indonesia. Artinya, Datsun bakal menyerah di persaingan otomotif Indonesia.
Datsun diisukan setop produksi di Indonesia. Namun, merek itu masih mengirim mobil baru. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Akhir tahun lalu, santer diberitakan kabar soal Datsun berhenti produksi mobil di Indonesia. Disebutkan saat itu, Datsun akan berhenti produksi pada Januari 2020.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan, menurut informasi yang ia terima, Datsun akan menyetop produksi mobil di Indonesia. Kabarnya, PT Nissan Motor Indonesia sebagai induk perusahaan Datsun di Indonesia akan mengubah strategi bisnis. Katanya, merek Datsun akan berhenti produksi karena skala penjualannya di bawah skala ekonomi.

Saat dimintai tanggapan soal isu tersebut, pihak PT Nissan Motor Indonesia tak pernah mau berkomentar.

Diisukan setop produksi pada Januari 2020, Datsun ternyata masih mengirim mobil baru. Hal itu bisa dilihat dari data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Memang, penjualan Datsun pada Januari 2020 tak banyak. Selama bulan pertama tahun 2020, merek otomotif di bawah naungan Nissan itu hanya melepas 226 unit mobil dalam angka distribusi dari pabrik ke diler (wholesales).

Rinciannya, Datsun GO+ dikirim sebanyak 64 unit, Datsun GO 150 unit dan Datsun GO Live 12 unit. Sementara, di data Gaikindo tidak ada lagi nama Datsun Cross, crossover Datsun yang meluncur pada awal 2018.

Secara retail sales (penjualan dari diler ke konsumen), Datsun juga tak banyak menjual mobil pada Januari 2020. Merek otomotif yang lahir kembali sejak 2014 itu hanya mengirim 295 unit mobil pada Januari 2020.



Simak Video "Datsun Rilis All New Datsun Go dan Go+ di Pasaran"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)