Rabu, 26 Feb 2020 14:30 WIB

Dijual Sejutaan, Kunci Setir Mobil Makin Aman Pakai Fingerprint

Doni Wahyudi - detikOto
Kunci Setir Mobil Kunci setir mobil memakai sidik jari (Halfords)
Jakarta -

Seperti handphone, kunci setir mobil ini menggunakan teknologi fingerprint untuk membukanya. Lebih aman dibanding kunci setir konvensional?

Kunci setir mobil mutakhir bentuknya mirip yang umum ada di Indonesia. Bermodel T dengan pemakaian dijepit ke dashboard, yang beda dari kunci setir ini adalah desain dan warnanya yang terkesan futuristis.

Faktanya, kunci setir ini memang disematkan teknologi canggih. Tidak ada lubang kunci, sebagai gantinya ada pemindai sidik jari.

Untuk membukanya, cukup menempelkan jari di bagian sensor. Jika sidik jari dikenali, kunci akan terbuka otomatis.

Kunci setir mobil memakai sidik jari (Halfords)Kunci setir mobil memakai sidik jari (Halfords) Foto: Halfords



Kunci setir mobil menggunakan sidik jari ini diproduksi oleh Halfords. Harganya 59,99 pound sterling. Itu setara dengan Rp 1,077 juta.

Dikutip dari DailyMail, kunci tersebut dapat menyimpan hingga 20 sidik jari berbeda. Itu artinya, anggota keluarga yang lain bisa membuka kunci setir itu asalkan sidik jarinya sudah tersimpan dalam sistem.

Karena berbentuk elektronik, kunci setir ini memakai tenaga listrik dari baterai. Tapi tidak usah khawatir, baterai kunci setir ini bisa bertahan sampai enam bulan.

"Dengan menambahkan teknologi biometrik pada produk yang sebenarnya kuno ini, kami menciptakan penghalang baru bagi pencuri. Alat ini akan membuat pencuri makin kesulitan dan jadi pertahanan terakhir (dari tindak kriminal)," ucap Pavan Sondhi, ahli keamanan dari Halfords.

Tertarik beli, detikers?

Kunci setir mobil memakai sidik jari (Halfords)Kunci setir mobil memakai sidik jari (Halfords) Foto: Halfords


Simak Video "Alphard Via Vallen Diduga Sengaja Dibakar, Terduga Pelaku Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com