Kamis, 13 Feb 2020 17:56 WIB

Panggung yang Bisa Dimanfaatkan Esemka untuk Populerkan Nama

Tim detikcom - detikOto
Esemka Mobil pikap Esemka. Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta -

Nama mobil Esemka mungkin tak asing bagi warga Indonesia. Nama Esemka cukup populer, tapi mobilnya baru diluncurkan September 2019 lalu setelah bertahun-tahun tak terdengar kabarnya.

Meski begitu, setelah diluncurkan September 2019 lalu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), nama Esemka jarang terdengar. Banyak yang mempertanyakan jaringan diler Esemka.

Untuk mempopulerkan lagi namanya dan membuktikan eksistensinya, Esemka sebenarnya punya kesempatan. Yaitu dengan mengikuti pameran otomotif tahunan seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 yang akan digelar 9-19 April 2020 di JIExpo Kemayoran, Jakarta atau di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 yang diadakan pada 7-17 Agustus 2020 di ICE BSD.

Dijelaskan Project Manager IIMS 2020, Rudi MF, pihak panitia penyelenggara ingin mengajak Esemka supaya bisa berpartisipasi di ajang pameran berskala internasional itu. Tapi dikatakan Rudi, pihaknya masih sulit menjalin komunikasi dengan Esemka.

"Esemka jujur hari ini, justru saya mau nanya ke teman-teman media, saya bisa ngontak ke mana ya? (Terus terang-red) belum dapat ini (kontaknya-red)," kata Rudi, kepada wartawan di Ancol, Jakarta Utara, belum lama ini.

Sementara Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, mengatakan pihaknya sudah mengundang pihak Esemka supaya bisa berpartisipasi di pameran otomotif tahunan itu. Namun belum ada kabar positif.

"Setahu saya ada dua pihak (Esemka-red), itu dua-duanya udah dikontak. 'Ya kami pelajari dulu ya' (begitu kata mereka-red)," ujar pria yang akrab disapa Kohen, kepada wartawan.

"Belum ada konfirmasi (dari Esemka-red), tapi kalau dibilang, ketertarikan ada," lanjut Kohen.

Padahal, pameran otomotif seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diselenggarakan Dyandra Promosindo menjadi ajang merek lokal untuk unjuk gigi. Sebelumnya, di pameran IIMS telah dipamerkan beragam merek otomotif lokal, seperti motor listrik Gesits, kendaraan pedesaan atau AMMDes, sampai mobil nasional asal Cimahi dengan merek FIN Komodo.

Ini menjadi kesempatan Esemka agar lebih dikenal masyarakat Indonesia sekaligus membuktikan eksistensinya di pasar otomotif Tanah Air.



Simak Video "Bima, Mobil Pertama Esemka Diluncurkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com