Kamis, 13 Feb 2020 10:57 WIB

Mobil Presiden Mogok, dari Jokowi Sampai Presiden Prancis

Rangga Rahadiansyah - detikOto
French President Emmanuel Macron looks out from his car as he leaves the Hotel de Ville in Paris, France, May 14, 2017.     REUTERS/Francois Lenoir Emmanuel Macron dengan mobil kepresidenannya. Foto: REUTERS/Francois Lenoir.
Jakarta -

Beberapa petinggi negara di dunia mengalami mobil dinas kepresidenan yang dipakainya mogok. Mobil dinas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beberapa kali mengalami mogok saat kunjungan kerja.

Ternyata tak cuma Jokowi yang mengalami mobil dinas mogok. Baru-baru ini Presiden Prancis, Emmanuel Macron juga mengalami hal yang sama saat kunjungan ke Polandia.

Sejak pindah ke Élysée Palace di Paris (Gedung Putih Prancis) pada tahun 2017, Emmanuel Macron mengandalkan DS7 sebagai mobil kepresidenan. Selain itu, ia juga menggunakan Renault Espace lapis baja untuk perjalanan resminya. Macron dan presiden Prancis sebelumnya juga menggunakan mobil merek dalam negerinya.

Dikutip dari situs Dziennik, mobil kepresidenan Renault Escape lapis baja itu bekerja dengan baik ketika Emmanuel Macron melakukan kunjungan kenegaraan ke Polandia. Namun hendak meninggalkan Kantor Presiden Polandia Andrzej Duda, terjadi perubahan rencana lantaran mobil multi vehicles purpose antipeluru Renault Espace tak bisa dihidupkan alias mogok.

Sebagai solusi Duta Besar Prancis untuk Polandia kemudian menawarkan mobil Citroën C6 tanpa lapis baja sebagai kendaraan pengganti. Emmanuel Macron menggunakannya untuk meninggalkan istana kepresidenan Polandia.

Sebelumnya, mobil Mercedes-Benz S600 Guard Kepresidenan RI-1 yang dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) mogok ketika melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Barat pada September 2019 lalu. Mogoknya mobil diduga disebabkan masalah mesin. Jokowi kemudian langsung menaiki Toyota Alphard untuk agenda berikutnya. Mobil Jokowi tersebut juga pernah mogok beberapa kali.

Momen saat mobil Jokowi mogok. Momen saat mobil Jokowi mogok. Foto: dok. Biro Pers Setpres

Bahkan, Jokowi menyebut sudah lebih dari 10 kali mobilnya mogok saat sedang melakukan kunjungan kerja. Belum lama ini, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga sempat mengatakan kerusakan di mobil dinas Jokowi sudah 'komplikasi. Masalahnya tak hanya mesin, namun juga kelistrikannya.

Nasib mobil mogok tak cuma dialami Jokowi dan Macron. Bahkan, Presiden Amerika Serikat sekalipun pernah mengalami hal serupa.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com