ADVERTISEMENT

Ford V Ferrari, Perseteruan Dua Raksasa Dunia Balap Sabet Dua Piala Oscar

Dadan Kuswaraharja, Doni Wahyudi - detikOto
Senin, 10 Feb 2020 12:16 WIB
Ford V Ferrari
Ford V Ferrari meraih dua Piala Oscar 2020 (Fox Entertainment Group.)


Adegan film diawali dengan Caroll Shelby (Matt Damon) yang selalu mengingat momen dia menjuarai Le Mans dengan Aston Martin-nya. Sampai akhirnya Shelby diminta Ford untuk membuat mobil balap paling tangguh pesaing Ferrari yang tengah menjadi juara di Le Mans sekitar akhir tahun 1960-an.

Ford ingin melihat Enzo Ferrari nangis-nangis kala mobilnya dikalahkan oleh Ford di Le Mans. Ford rupanya sakit hati karena niatannya membeli Ferrari ditolak mentah-mentah, malah Ferrari menjual perusahaannya ke Fiat.

salah satu adegan film Ford V Ferrarisalah satu adegan film Ford V Ferrari Foto: Istimewa



Shelby kemudian mengajak Ken Miles (Christian Bale) seorang pebalap asal Inggris yang tidak hanya bisa nyetir tapi juga tahu mesin. Di sinilah berbagai intrik muncul, mulai dari manajemen Ford yang meminta Shelby membawa pebalap lain yang lebih ramah untuk publik, sampai perseteruan pribadi Shelby dan Miles.

Sepanjang film berdurasi 152 menit ini, penonton pasti akan merasa ikut berlomba di sirkuit Le Mans. Bagaimana suara mesin mobil yang menjerit sampai 7.000 rpm begitu menggema, setiap jeritan rem yang memekakkan telinga pasti akan memberikan surga buat pencinta balapan. Kalau anda tengah mengajak pasangan Anda nonton, mungkin harus menjelaskan beberapa hal teknis yang banyak muncul di film padanya.

Tapi meski banyak istilah teknis dalam film, Ford v Ferrari tetap enak ditonton, apalagi banyak mobil-mobil antik yang sudah jarang kita lihat di jalanan.


(din/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT