Minggu, 09 Feb 2020 15:41 WIB

Pasang Dashcam Mobil, Mahal Nggak, Sih?

Rizki Pratama - detikOto
Dashcam mobil Foto: Carscoops
Jakarta -

Penggunaan dashboard camera atau dashcam kini menjadi alternatif keamanan di jalan. Terkadang tabrakan di jalan tak dapat dihindari dan menyebabkan kerusakkan atau kerugian lainnya pada kendaraan dan pengemudinya. Tak jarang pula pihak-pihak yang terlibat dalam kecelakaan saling menyalahkan dan merasa benar tanpa bukti kuat.

Lalu berapa sih harga pasang dashcam di mobil?

Bagi yang tertarik menambahkan perangkat ini pada kendaraan, sebenarnya sudah banyak merek dan vendor yang menawarkan dashcam. Salah satu produk dashcam bernama Blackvue di Indonesia memiliki rentang harga dashcam dari Rp 1,5 juta sampai Rp 7,5 juta.

"Harga Blackvue range mulai dari 1,5 sampai 7,5," ungkap Direktur Pemasaran Blackvue Indonesia, Rudy Ham saat dihubungi detikcom beberapa waktu yang lalu.

Tentunya perbedaan harga juga akan membedakan jenis produk dan keunggulannya. Untuk yang paling mahal dapat lebih mudah diakses melalui berbagai perangkat bahkan tanpa harus berada di dekat dashcam. Sementara itu untuk kualitas gambarnya sudah mendukung 4k.

Dashcam bisa digunakan sebagai alat yang membantu pengawasan terhadap mobil dan juga menghasilkan bukti rekaman.

"Rp 7,5 juta paling bagus bisa online jadi bisa pantau mobilnya dari mana aja. Selain itu kualitas kamera sudah 4k HDR," kata Rudy.

Sementara itu untuk yang murah pada dasarnya tidak mengurangi fungsi utama dari dashcam untuk merekam video. Pembedanya hanya ada beberapa fitur-fitur pendukung yang dapat mempermudah penggunanya.

"Rp 1,5 juta dia dapat fungsi basic. Gimmick belum dapat kaya misalnya sambungan wireless. Gambar sudah jernih banget (tapi) fiturnya aja yang beda," terang Rudy.

Produk yang ditawarkan Blakcfuel diklaim memiliki durabilitas tinggi. Bahkan Rudy mengatakan dashcam yang ia jual bisa dikatakan memiliki fungsi sama dengan blackbox pada pesawat terbang.

"Kalau Blackvue itu kamera sekaligus blackbox untuk mobil jadi dalam segala kondisi jalan bisa tetap merekam," tuturnya.



Simak Video "The New GLS, SUV Mercedes Setingkat S-Class"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com