Sabtu, 08 Feb 2020 16:59 WIB

Spesifikasi Mobil Pertama di Dunia: Mesin 954 Cc, Tenaga 1/10 Vario

Luthfi Anshori - detikOto
mobil pertama di dunia hadir di Museum Nasional Mobil pertama yang ada di Indonesia Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Replika mobil pertama di dunia, Benz-Patent Motorwagen, resmi menjadi koleksi Museum Nasional Indonesia. Mobil bermesin bensin yang dikembangkan Carl Benz ini disebut jadi pionir transportasi kendaraan berbasis mesin. Lalu seperti apa spesifikasi Benz-Patent Motorwagen ini?

Bicara soal sejarah mesin, Carl Benz kali pertama mengembangkan mesin bensin stasioner berkonfigurasi 2 tak satu silinder pada 1879.

Untuk dapur pacu Benz Patent-Motorwagen bersumber dari mesin 954 cc satu silinder empat langkah (4 tak). Desain mesinnya sebagian besar sama seperti mesin pembakaran internal saat ini, ada kruk as (crankshaft) dengan penyeimbang, pengapian listrik dan berpendingin air. Soal tenaga, mesin itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 0,55 kW (0,7 dk) pada 400/menit. Jika dibandingkan dengan mesin konvensional saat ini, tenaga itu memang tidak ada apa-apanya. Misal dibandingkan dengan mesin Vario 125 cc, tenaga Benz Patent-Motorwagen kurang dari sepersepuluhnya. Vario 125 memiliki output power mencapai 10,9 dk.

Mobil pertama di dunia yang berada di Museum NasionalMobil pertama di dunia yang berada di Museum Nasional Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Benz Patent-Motorwagen memiliki bobot mesin mencapai 100 kg. Di masa itu, mesin tersebut tergolong ringan. Fakta lain mesin Benz Patent-Motorwagen, memiliki desain bak mesin terbuka, katup intake yang dapat digeser dengan gagang eksentrik, katup pembuangan yang dioperasikan oleh cakram cam, pelatuk klep dan pushrod, serta menggunakan sistem pelumasan tetes.

Mesin itu dipasangkan dengan transmisi otomatis CVT, yang dikombinasikan penggunaan gir dan rantai pada kedua sisi poros roda.

Campuran bahan bakar dengan udara diproses melalui 'permukaan' atau karburator penguapan, sebuah rancangan Benz lainnya yang juga berfungsi sebagai tangki bahan bakar 4,5 liter.

Benz Patent-Motorwagen menggunakan roda berukuran sangat besar berjumlah 3 buah. Kedua roda belakang terpasang secara horizontal pada sasis, karena ia khawatir efek giroskopik dari pemasangan secara vertikal akan mengganggu kemudi dan stabilitas kendaraan.

Mobil pertama di dunia yang ada di Museum NasionalMobil pertama di dunia yang ada di Museum Nasional Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Kendaraan tersebut membutuhkan hingga 10 liter bensin untuk setiap 100 kilometer perjalanan. Fakta bahwa kapasitas bahan bakar tidak memadai untuk jarak yang lebih jauh bukanlah masalah besar pada awalnya. Di masanya, tujuan utama Benz Patent-Motorwagen adalah untuk menunjukkan bahwa desain keseluruhan - dan konsep kendaraan mobil sesuai kegunaannya.

Pada 29 Januari 1886, Carl Benz mengajukan paten untuk 'vehicle powered by a gas engine'. Patent number 37435 dapat dianggap sebagai akta kelahiran mobil ini.



Simak Video "Kerennya Mobil Rp 1,6 M yang Dihadiahi Ronaldo ke Ibunya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com