Rabu, 05 Feb 2020 14:52 WIB

Inggris Bakal Setop Jualan Mobil Bensin, Diesel, dan Hybrid

Dina Rayanti - detikOto
Rebuilding, renovating, repairing, restoring the Houses of Parliament and Elizabeth Tower in London. Kota London, Inggris. Foto: iStock
London -

Inggris berencana untuk melarang penjualan mobil yang mengusung bahan bakar bensin, diesel, bahkan hybrid. Rencana pelarangan ini pun maju dari yang dicanangkan pemerintah Inggris. Sebelumnya larangan tersebut akan diberlakukan pada tahun 2040 namun maju menjadi 2035.

Inggris sendiri memiliki target untuk membersihkan langitnya dari emisi karbon pada tahun 2050. Sebagai bagian untuk mewujudkan itu maka pemerintah akan melarang penjualan mobil yang masih mengusung bahan bakar. Mobil hybrid pun masuk dalam proposal pelarangan tersebut.

Nantinya, masyarakat Inggris hanya bisa membeli mobil listrik atau hidrogen saat aturan tersebut mulai diterapkan. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyebut negaranya memiliki tanggung jawab terhadap keberlangsungan hidup planet pada tahun 2050.

"Menjadi tuan rumah COP26 menjadi momen penting bagi Inggris dan seluruh dunia sebagai satu langkah untuk mengatasi perubahan iklim," tutur Johnson dikutip BBC, Rabu (5/2/2020).

"Kami memiliki target ambisius pada tahun 2050 untuk bebas emisi. Tak ada tanggung jawab yang lebih besar lagi selain menjaga planet kita," sebutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com