Rabu, 29 Jan 2020 13:26 WIB

Mobil Hybrid Tak Dapat Pelat Nomor Khusus

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pelat Nomor Khusus Kendaraan Listrik Foto: Dok. Korlantas Polri
Jakarta -

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) akan menerbitkan pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) khusus untuk kendaraan listrik. Namun, pelat nomor khusus ini tidak berlaku untuk mobil hybrid.

Seperti diketahui, kendaraan elektrifikasi saat ini sudah beragam jenisnya. Tak cuma mobil listrik sepenuhnya yang hanya mengandalkan baterai, ada juga mobil hybrid yang menggabungkan motor listrik dengan mesin bakar.

Mobil listrik sepenuhnya yang berbasis baterai mendapat keistimewaan. Di Jakarta, mobil listrik bebas ganjil genap dan tidak dikenakan pajak bea balik nama (BBN-KB). Namun, keistimewaan itu tidak berlaku untuk mobil hybrid.

Mobil Corolla Altis HybridMobil Corolla Altis Hybrid Foto: Pool (Toyota)

Mengingat tak mendapat keistimewaan tersebut, mobil hybrid tidak diberikan pelat nomor khusus seperti kendaraan listrik.

"Pemberian/penandaan warna khusus ini hanya untuk kendaraan bermotor listrik (KBL) berbasis baterai (BB) sebagai tindak lanjut dari Perpres 55 Tahun 2019. Untuk hybrid tidak termasuk," jelas Direktur Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Halim Pagarra dalam pernyataannya kepada detikcom, Rabu (29/1/2020).

Memang, dalam aturan Perpres RI Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai tak menyebutkan jenis kendaraan hybrid.

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video " Polri Pamer Desain Pelat Nomor Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com