Senin, 27 Jan 2020 10:20 WIB

Jajal Mobil Listrik Grab, Begini Komentar Menhub Budi Karya

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi salah satu orang pertama di Indonesia yang menjajal mobil listrik Hyundai IONIQ. Budi mencoba sedan ramah lingkungan itu di sela-sela peluncuran layanan GrabCar Elektrik di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (27/1/2020).

Bagaimana kesan pertama Menhub Budi Karya setelah mencoba mobil listrik buatan Korea Selatan itu?

"Naik mobil ini enak banget. Keren, leluasa, nggak ada bunyi. Sopirnya keren (rapi-red)," kata Budi kepada wartawan.

Menurut Budi, kendaraan transportasi massal jadi salah satu contoh bagus untuk memperkenalkan dan memulai ekosistem kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air.

"Jadi kendaraan massal itu harus mempelopori secara baik dan profesional. Karena kita ingin sekali melakukan ini dengan baik," terangnya lagi.

Jajal Mobil Listrik Hyundai, Begini Komentar Menhub Budi KaryaHyundai Ioniq jadi armada taksi online listrik Grab. Foto: Luthfi Anshori

Untuk diketahui, Hyundai IONIQ merupakan penyempurnaan dari generasi pertama dan satu-satunya di dunia di mana sebuah tipe kendaraan memiliki 3 pilihan electrified powertrains.

Hyundai IONIQ Electric yang dihadirkan di Indonesia menggunakan baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 38.3 kWh. di mana baterai ini telah mengalami peningkatan dari generasi IONIQ Electric sebelumnya. "Dengan kapasitas baterai terisi penuh, Hyundai IONIQ Electric dapat berjalan sejauh 373 KM (berdasarkan NEDC)," jelasnya lagi.

Motor elektronik New Hyundai IONIQ Electric memberikan tenaga maksimum 136 PS/100 kW dengan torsi 295 Nm dan dilengkapi standar dengan charger on-board 7.2 kW. Dengan stasiun pengisian cepat (fast charging station) 100 kW, baterai New Hyundai IONIQ Electric dapat terisi 80% dalam waktu 54 menit. Stasiun pengisian cepat 50 kW, baterai Hyundai IONIQ Electric mencapai 80% dalam waktu 57 menit.

Secara desain Hyundai IONIQ Electric tampak seperti mobil-mobil sedan pada umumnya. Desainnya cukup kekinian dengan aplikasi lampu LED projector dan DRL. Bagian buritannya juga cukup keren dengan desain lampu rem yang sporty. Mobil ini juga sudah mengadopsi velg aluminium 16 inchi, yang dibalut ban ukuran 205/60/R16.

Sementara dari segi safety dan comfort, untuk menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara dengan Hyundai IONIQ Electric, mobil ini dilengkapi 7 airbags (driver & passenger, side+curtain, front thorax & pelvis + curtain, knee (driver), PDW (Parking Distance Warning), Electric Parking Brake dengan Autohold, dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS),

Sementara untuk mendukung kenyamanan berkendara, Hyundai IONIQ Electric dilengkapi 3 driving modes yaitu Eco, Sport dan Normal. Mobil ini menggunakan jenis transmisi single speed reduction gear.



Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com