Rabu, 22 Jan 2020 07:37 WIB

Round-Up

Diselamatkan Fitur Mobil saat Tertabrak Truk di Rest Area Cipularang

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Facebook Zefa Art
Jakarta - Kecelakaan truk kontainer terjadi di rest area KM 97 jalur B jalan Tol Cipularang (17/1/2020). Truk dengan dimensi panjang itu terguling saat memasuki SPBU sampai menabrak mobil-mobil yang terparkir.

Pengguna facebook bernama akun Zefa Art menjadi salah satu korban selamat dalam peristiwa kecelakaan fatal itu. Ia membagikan pengalamannya saat detik-detik peristiwa itu di grup facebook Motuba. Ia juga cerita soal keunggulan mobil tuanya.



"Permisi..sedikit cerita pada saat kejadian rest area 97 jumat sore kemarin. Ini volvo s80 2.3t, sebelumnya terima kasih kepada tuhan yg maha kuasa atas kuasanya dan telah memberikan saya mobil yang bisa dibilang kuat," tulis Zefa Art di postingannya, Minggu (19/1/2020).

Zefa bercerita, saat kejadian itu ia di dalam mobil tersebut. Sementara anak dan istrinya sedang membeli makan dan oleh-oleh di store rest area.

"Singkat cerita pada saat sebelum impact saya msh sempat lihat dari spion dalam kalau ada truk yg oleng entah feeling yg saya lakukan hanya menarik seatbelt dan ngerem (berharap ga kena) sambil berdoa semoga ga ketiban," ceritanya.



Dalam ceritanya, ia mengatakan bersyukur, sebab mobilnya dibekali fitur safety WHIPS (Whiplash Protection System).

"Alhasil impact yg cukup keras sangat saya rasakan sehingga system "whips" dari jok volvo sampai aktif untuk meredam cedera punggung dan leher saya. Begitu semua berhenti, mobil saya terjepit barrier beton sehingga saya hanya bisa kluar melalui jendela supir yg msh bisa saya buka (kebetulan pas kejadian mesin keadaan hidup)," lanjut Zefa.

"Melihat kendaraan lain yg sudah bisa dibilang rusak parah saya pun bingung mau lari kemana krn kealingan semua,akhirnya mau ga mau loncatin inova putih dan avanza milik pln. Puji tuhan saya hanya cedera ringan saja. Dan ini adalah swedish tank saya yang akan saya rebuild lagi dan tidak akan pernah saya jual. Sangat disayangkan juga mobil dengan fitur safety yg cukup tinggi hanya dihargai seharga nmax+mio baru," cerita Zefa.



Apa itu WHIPS?

Zefa menceritakan salah satu faktor yang membuat dirinya selamat dari risiko cedera parah. Faktor itu adalah fitur safety WHIPS alias Whiplash Protection System, yang ada di mobil tua besutannya Volvo S80.

Secanggih apa sih fitur WHIPS yang ada di mobil Volvo?

Melansir dari laman Volvo Cars, fitur WHIPS memberi perlindungan terhadap potensi cedera parah pada urat leher karena kepala tersentak. Sistem ini terdiri dari sandaran penyerap energi tabrakan dan sistem penahan kepala yang dirancang khusus di kursi depan.

Sistem WHIPS bekerja ketika terjadi tumbukan di belakang mobil, di mana sudut dan kecepatan tumbukan akan langsung mengaktifkan sistem keselamatan ini. Namun sebagai catatan sistem WHIPS hanya bisa bekerja saat sabuk pengaman digunakan.

Diselamatkan Fitur Mobil saat Tertabrak Truk di Rest Area CipularangFoto: Volvo Cars


Untuk cara kerjanya, saat terjadi tumbukan dan sistem WHIPS aktif, maka sandaran kursi depan otomatis diturunkan ke belakang, sehingga mengurangi risiko cedera pada kepala.

WHIPS diperkenalkan di Volvo S80 pada tahun 1998. Dan sejak 1999, semua model Volvo tahun 2000 dan seterusnya telah dilengkapi WHIPS sebagai fitur standar di kedua kursi depan.

Menurut Volvo's Accident Research Commission, WHIPS disebut bisa mengurangi risiko cedera awal sebesar 33 persen dan cedera jangka panjang (yang berlangsung satu tahun atau lebih) sebesar 54 persen.



Mobil 'Tua' Seharga Nmax + Mio Baru

Tak hanya memuji fitur keselamatan yang ada di mobilnya, Zefa juga mengatakan bahwa mobil buatan Swedia yang dia miliki, punya harga sangat terjangkau setara motor matic 150 cc dan 125 cc, dengan asumsi total harga Rp 46 jutaan.

"Dan ini adalah swedish tank saya yang akan saya rebuild lagi dan tidak akan pernah saya jual. Sangat disayangkan juga mobil dengan fitur safety yg cukup tinggi hanya dihargai seharga nmax+mio baru," terangnya.

Memangnya berapa sih harga bekas Volvo S80 2.3T saat ini?

Diselamatkan Fitur Mobil saat Tertabrak Truk di Rest Area CipularangFoto: Screenshoot OLX


Menilik sejumlah situs marketplace, Volvo 280 2.3T rata-rata dibanderol di bawah Rp 100 juta. Paling mahal ada yang membanderol Volvo S80 2.3 series tahun 2004 sebesar Rp 100.000.

Sementara di bawah itu, ada yang menawarkan Volvo S80 2.3T tahun 2003 dengan harga Rp 73.000.000. Ada juga yang menawarkan Volvo S80 2.3T tahun 2002, dengan harga pembuka Rp 50.000.000.



Cuma Ini yang Rusak

Menurut Zefa, untuk struktur rangka mobil tidak ada pergeseran. Ia mengatakan kerusakan hanya pada komponen bodi dan fitur safety yang sudah aktif.

"Struktur mobil aman tidak ada pergesaran atau lari, jadi hanya butuh penggantian body part, repaint dan jok supir saja krn sistem "whips" sudah aktif," jelasnya dalam postingan itu.

Diselamatkan Fitur Mobil saat Tertabrak Truk di Rest Area CipularangFoto: Facebook Zefa Art


Jika dilihat dari foto-foto bekas kecelakaan tersebut, Volvo S80 2.3T Zefa memang terlihat tidak mengalami kerusakan serius.

Bentuk mobil masih bisa terlihat jelas dan utuh. Bahkan kaca-kacanya pun tidak ada yang pecah. Adapun penyok-penyok akibat benturan dialami bemper depan dan bodi belakang.

Simak Video "Kecelakaan Truk di Tol Cipularang, 2 Orang Tewas!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com