Senin, 20 Jan 2020 21:19 WIB

KIA Bakal Numpang Produksi di Pabrik Hyundai?

Ridwan Arifin - detikOto
KIA Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Hyundai telah mengumumkan akan berinvestasi di Indonesia dengan membangun pabrik mobil. Nilai investasi yang dikucurkan sebesar US$ 1,5 miliar atau setara dengan Rp 21 triliun.

Pembangunan pabrik Hyundai manufaktur kendaraan di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik canggih dengan luas 8,35 juta kaki persegi (77,6 hektare) ini terletak di Kota Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi.



Di negara asalnya, KIA dan Hyundai memang saling berbagi platform. Tapi, itu hanya secara global di pusat. KIA saat ini dipasarkan lewat anak perusahaan Indomobil Group, PT Kreta Indo Artha enggan membeberkan lebih lanjut perihal kerjasama tersebut.

"Saya bukan diposisi untuk menjelaskan soal itu," tutur Presiden Direktur Indomobil Sukses Internasional (Tbk), Jusak Kertowidjojo saat peluncuran All New Seltos di Jakarta, Senin (20/1/2020).

Ilustrasi KIA Seltos Ilustrasi KIA Seltos Foto: Agung Pambudhy


Kendati demikian, lebih lanjut ia mengatakan sebagai induk dari Indomobil Group, Kia di Indonesia juga bisa memanfaatkan fasilitas perakitan, di mana perusahaan ini memiliki beberapa merek satu grup dengan Suzuki, Nissan, VW, Hino, dan Audi.



"Kami kan punya banyak pabrik jadi ga ada masalah (KIA menggunakan fasilitas pabrik untuk perakitan-Red) ," ujar Jusak.

Seperti yang diketahui mobil KIA yang dipasarkan KIA saat ini statusnya masih Completely Built Up (CBU). Yang terbaru All New KIA Seltos diimpor utuh dari pabrik yang khusus memproduksi mobil tersebut, di India.

Simak Video "KIA Picanto, Sang Raja City Car yang Kembali Mengincar Tahtanya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com