Kamis, 09 Jan 2020 18:03 WIB

Banyak yang Belum Tahu, Iran Punya Mobil Nasional

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: IKCO
Teheran - Iran kembali menjadi perbincangan akhir-akhir ini menyusul konfliknya dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Mengenyampingkan ketegangan yang terjadi antara negeri Persia dengan negeri Paman Sam, belum banyak yang tahu jika Iran memiliki mobil nasional yang eksis sejak 1960-an.

Iran memiliki kendaraan nasional dengan merek Khodro. Sejarah ini bermula sejak pendirian Iran Khodro Company (IKCO) oleh keluarga Khayami pada Agustus 1962. Saat itu IKCO menjadi produsen bus LP (Long Platform) yang mengimpor sasis dari Jerman. Merek ini punya fasilitas perakitan di Teheran.



Khodro mulai memproduksi mobil penumpang pada tahun 1996. Mengutip situs resmi IKCO, Khodro menandatangani kerja sama dengan perusahaan Inggris Rootes untuk membuat sedan dengan nama 'Paykan'. Setahun berselang, IKCO untuk pertama kalinya membuat mobil nasional Iran.

Sejak 1967 hingga 1978, Khodro Paykan terus diproduksi dengan berbagai model, basic, premium, sport, wagon, dan pikap. Hingga 1977, Paykan sudah diproduksi sebanyak 98 ribu unit. Tak hanya memproduksi mobil untuk merek sendiri, pada 1974 Khodro juga merakit mobil asal Perancis, Peugeot. Khodro pun tercatat pernah memproduksi Peugeot 206 dan 405.



Tak hanya berkutat pada sedan Paykan, Khodro pun turut membuat model-model lainnya. Di situs resminya, Khodro memiliki model Samand LX, Soren ELX, Runna, dan Dena. Kesemuanya merupakan mobil jenis sedan. Khodro juga punya satu model kabin dengan nama Arisun.

Selain membuat mobil dengan merek Iran Khodro dan bekerja sama dengan Peugeot, IKCO juga memproduksi beberapa model lain di bawah lisensi perusahaan otomotif ternama.



IKCO memproduksi truk, bus, dan mobil penumpang dengan lisensi dari Mercedes-Benz. IKCO juga memproduksi Grand Vitara yang berada di bawah lisensi Suzuki.

Khodro diklaim menjadi salah satu pemain otomotif besar di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Afrika Utara. Pada 2010, merek ini memproduksi sekitar 775.000 mobil penumpang dan kendaraan komersial.

Mobil-mobil buatan IKCO diekspor ke beberapa negara seperti Rusia, Suriah, Turki, Irak, Azerbaijan, Ukraina, Mesir, Aljazair, dan Bulgaria.

Simak Video "Ada 3.111 Pasien Corona dalam Sehari di Iran"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com