Rabu, 08 Jan 2020 15:35 WIB

Akibat Banjir, Ratusan Mobil Toyota Masuk Bengkel

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil Toyota yang terkena banjir Foto: Auto2000
Jakarta - Volume hujan yang tinggi yang berimbas banjir diberbagai wilayah Jabodetabek, ikut berdampak pada konsumen Toyota. Tercatat ada sekitar 650 unit mobil Toyota yang masuk bengkel resmi dan diprediksi akan terus bertambah.

PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak tinggal diam, dengan memastikan Toyota akan terus mengawal konsumen hingga kendaraannya balik seperti sebelumnya.



"Dua hari lalu saya mendapat laporan, di wilayah Jabodetabek ada sekitar 650-an unit (mobil Toyota dari berbagai model) masuk ke dalam bengkel resmi Toyota. Dan ini bertambah terus," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, kepada detikcom.

Anton Jimmi mengatakan konsumen Toyota tidak perlu khawatir, karena Toyota akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk setiap konsumen Toyota.

Ilustrasi bengkel ToyotaIlustrasi bengkel Toyota Foto: Dadan Kuswaraharja


"Saya turut prihatin atas kejadian ini. Prinsipnya Toyota akan support semaksimal mungkin untuk setiap konsumen Toyota. Berbagai program akan diberikan, seperti biaya cek free dan ada keringanan diskon jasa sebesar 30 persen dan spare part 10 persen. Selain itu kita menyediakan hotline serta chanel komunikasi baik chatbot, sosial media dan website," kata Anton Jimmi.

Anton menambahkan program diskon jasa dan spare part ini berlaku untuk seluruh jaringan Toyota di Jabodetabek.

"Program ini berlaku untuk seluruh diler Toyota di Jabodetabek," tambah Anton Jimmi.



Sebelumnya, Toyota memang sudah mengumumkan akan memberikan pelayanan terbaik, dengan memberikan beberapa diskon melalui Auto2000.

"Pelanggan Toyota merupakan bagian dari Autofamily. Sebagai salah satu bentuk perhatian dan kepedulian kami, Auto2000 juga memberikan diskon jasa sebesar 30% dan diskon sparepart atau onderdil mobil sejumlah 10% untuk kendaraan korban banjir yang datang ke Auto2000 tapi tidak memiliki asuransi. Termasuk berlaku pula untuk pemilik Toyota dengan asuransi namun tidak ada perluasan tanggungan terhadap bencana alam sehingga kerusakan yang terjadi akibat banjir tidak terlindungi," ujar Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya, Jumat (3/1/2020) waktu itu.

Servis kendaraan akan disesuaikan dengan tingkat kondisi kendaraan, yaitu:

- Pekerjaan ringan atau light untuk kendaraan terendam air sampai menyentuh karpet dasar
- Pekerjaan menengah atau medium untuk kendaraan terendam air sampai menyentuh sandaran jok
- Pekerjaan berat atau heavy untuk kendaraan terendam air sampai menyentuh plafon.



Ricky menerangkan, untuk diskon jasa dan sparepart ini hanya berlaku hingga 3 Februari 2020. Sebagai gambaran, Toyota Agya yang masuk dalam segmen Level pekerjaan light maka biaya jasa servis kisaran Rp 2,2 jutaan atau diskon 30% dari seharusnya Rp 3 jutaan.

"Harga tersebut belum termasuk PPN, menghilangkan bau dan biaya penggantian komponen mobil dan komponen mobil tersebut yang rusak," ujar Ricky.

"Kami turut prihatin dengan adanya musibah banjir yang melanda wilayah ibukota dan sekitarnya, dan memahami situasi sulit bagi pemilik mobil Toyota yang tertimpa musibah banjir. Oleh karenanya Auto2000 menyiapkan program khusus yang diharapkan dapat membantu para pemilik Toyota yang kendaraannya terdampak," imbuhnya.

Simak Video "Konawe Utara Banjir Parah, 3 Kecamatan Terisolasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com