Minggu, 05 Jan 2020 10:06 WIB

BlackBerry Bikin Superbike Bertenaga Listrik

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Autoblog
Jakarta - Blackberry secara mengejutkan terjun ke industri otomotif. Salah satu merek yang dikenal dengan produksi telepon genggam itu bermitra dengan Damon Motorcycles untuk membuat motor listrik.

Memang bisnis baru ini tak langsung dikerjakan oleh Blackberry Mobile yang mulai membuat ponsel Android. Penetrasi ke industri otomotif ini dilakukan oleh 'sisa-sisa' perusahaan Research In Motion (RIM) di mana sekarang menjadi Blackberry Limited dengan spesialisasi pengerjaan perangkat lunak pada motor itu.

Hasil motornya adalah Hypersport Pro Electric Superbike. Motor ini sebelumnya telah dipamerkan di Consumer Electric Show (CES) menggunakan sistem operasi QNX Blackberry sebagai dasar untuk sistem peringatan CoPilot.



Sistem itu menggunakan radar, kamera, dan sensor lainnya untuk melacak kecepatan dan arah benda bergerak yang berada di dekat motor. Setelah diterima, sistem akan menyampaikan pesan kepada pengendara supaya dapat menghindari bahaya.

Blackberry menjanjikan bahwa sistem peringatan tabrakan ini sangat aman dan memberikan peningkatan kesadaran situasional. Selain itu pengendara juga dijamin lebih tenang saat melakukan perjalanan.



Motor Blackberry bernama Hypersport ini sayangnya dijual dengan jumlah produksi yang terbatas. Saat ini motor tersebut masih tampil di CES dan bisa dicoba melalui simulasi Virtual Reality.

Blackberry sendiri bukan perusahaan perangkat elektronik pertama yang terjun ke industri otomotif. Sebelumnya ada Xiaomi dengan Redmi car dan Samsung dengan model XM3.

Simak Video "Masih Terbatas, Mitra Terbaik Bisa Kemudikan Kendaraan Listrik Grab"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com