Jumat, 03 Jan 2020 13:51 WIB

Angkot Panther Terobos Banjir, Mobil Diesel Lebih Tahan Air?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Screenshot Instagram
Jakarta - Selama bencana banjir yang melanda Jabodetabek, banyak cerita viral yang tersebar di media sosial. Salah satunya adalah sebuah angkot Isuzu Panther yang menerobos banjir yang cukup dalam.

Angkot berkelir merah dengan pelat kuning tersebut merupakan Isuzu Panther sebagai armada angkutan umum. Terlihat dalam video, kendati air hampir menutupi kap mobil, Isuzu Panther itu tetap menerjang banjir tanpa mengalami kendala.



Seperti diketahui, Isuzu Panther menggunakan mesin diesel. Apakah mesin diesel lebih aman menerobos banjir?



Service Departemen Head Astra Isuzu, Anjar Kisworo, mengatakan Isuzu Panther menggendong mesin direct-injection diesel 4JA1-L with turbo charger. Menurutnya, mesin diesel bisa tetap aman melintasi banjir jika beberapa bagiannya tetap kering.



"Secara teknis dapat dijelaskan bahwa pada dasarnya kendaraan diesel konvensional selama battery dan jalur listiknya tidak konslet dan intake tidak kemasukan air, mobil akan tetap bisa berjalan dan yang terpenting tidak boleh berhenti saat melewati banjir," kata Anjar melalui keterangannya yang diterima detikcom, Jumat (3/1/2020).

Menurut Anjar, Isuzu Panther sendiri memiliki posisi intake di atas roda atau fender. Posisi baterai Panther juga tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com