Selasa, 24 Des 2019 09:38 WIB

Tidak Ada Truk dan Bus di Tol Japek, Pengendara: Nyaman Banget

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Tol Japek Foto: Agung Pambudhy
Karawang - Masyarakat sudah mulai menggunakan tol Jakarta-Cikampek Layang atau Japek. Beberapa pengguna merasakan kenyamanan dari tol karena tidak ada bus dan truk yang melintas di jalan tol, terlepas fakta struktur jalan tol yang bergelombang.

"Dengan kecepatan yang stabil, enak banget kalau yang punya fitur cruise control. Jadi tidak capek ngegas, saya pribadi lebih suka di atas karena tidak ada truk dan bus kecil. Kalau lewat bawah kan karena trafficnya mix jadi terhambat," ujar Reza, seorang pengendara Kijang Innova kepada detikcom.


Namun dia mengeluhkan minimnya rambu-rambu atau sign di sepanjang jalan tol. "Tidak adanya sign untuk penggunaan jalur biasa atau elevated, cuma ada tulisan kecil saja, kemarin istri salah masuk. Pengennya tidak naik tapi karena tidak melihat sign atau rambunya, jadinya bablas kejauhan dan harus muter ke tempat tujuannya," ujarnya.

Dari pengalaman detikcom, saat berkendara dari tol JORR dari Cikunir, setelah belokan, memang minim rambu-rambu ya, tiba-tiba saja kita harus ambil kiri, kalau tidak ngeh, mungkin akan terus ke jalur bawah.

"Selain rambu masih banyak jalan-jalan yang rusak, sambungan terlalu berasa. Kemudian ada beberapa kendaraan yang kecepatannya melebihi 100 km per jam, mungkin mereka nggak tahu batas kecepatan 60-80 km per jam, atau mereka mencoba membandel," ujarnya.

Simak Video "Melihat Kemacetan Mengular di Tol Japek dari Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com