Selasa, 24 Des 2019 07:08 WIB

Menperin: Rasio Kepemilikan Mobil RI Masih Kalah dari Malaysia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Antara Foto/Yulius Satria Wijaya
Jakarta - Orang bilang jalanan Indonesia sudah terlalu banyak kendaraan, macet pun dengan mudah bisa kita lihat di berbagai kota besar di Indonesia. Tapi faktanya kalau menghitung jumlah penduduk, rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih kalah dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand.

Indonesia pun masih memiliki potensi pasar roda 4 yang potensial. Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), rasio kepemilikan mobil di Indonesia baru sekitar 87 unit per 1.000 orang, masih rendah di bawah negara tetangga seperti Malaysia yang mencapai 450 unit per 1.000 orang dan Thailand sebanyak 220 unit per 1.000 orang.

Prospek penjualan mobil di Indonesia masih sangat menjanjikan. Sebab, apabila bertambah satu unit saja dari 87 ke 88 unit, berarti penjualan akan naik sekitar 260 ribu unit. "Dengan
populasi penduduk kita 260 juta jiwa, maka room to grow bagi industri ini begitu besar," ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (24/12/2019).


Selain mobil bermesin pembakaran dalam, Kementerian Perindustrian menargetkan Indonesia akan menjadi hub atau pusat pengembangan produksi kendaraan listrik di kawasan ASEAN pada tahun 2030.


Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Meriahnya Indonesia Motor Show Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com