Sabtu, 21 Des 2019 16:54 WIB

Mau Jajal Tol Japek? Simak Info A Sampai Z yang Wajib Anda Tahu

Tim - detikOto
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Mengantisipasi kemacetan panjang di libur Natal dan Tahun Baru, tol Layang Jakarta Cikampek atau Japek Elevated II sudah mulai beroperasi. Dan hari ini mulai terlihat kepadatan kendaraan di tol Japek.

Tol ini berada tepat di atas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek). Membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500). Dengan jalanan sepanjang 36 km, tol ini menjadi jalan bebas hambatan dengan struktur layang terpanjang di Indonesia saat ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya meresmikan tol pada Kamis (12/12/2019).

Untuk tarifnya, saat ini masih gratis. Pengguna kendaraan roda empat boleh menikmati tol layang Japek dengan gratis sampai tahun baru. Untuk tarif resminya masih digodok operator dan pemerintah. Namun Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit pernah mengatakan pihaknya mengusulkan tarif untuk tol tersebut sekitar Rp 1.700-2.000 per kilometer (km). Menurutnya, tarif tol layang japek ini tak akan berbeda jauh dengan Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) II.

"(Usulan BPJT) antara Rp 1.700-2.000 per km. Tak beda jauh dibandingkan JORR II kan mirip Rp 1.700-an," tutur Danang ketika mengunjungi proyek pembangunan Tol Layang Japek km 37, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5


Simak Video "Libur Natal Tiba, Tol Layang Japek Padat Banget"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com