Jumat, 20 Des 2019 15:41 WIB

Ford Olah Limbah Kopi McDonald Buat Dijadikan Spare Part

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ford
Detroit - Ford tengah bergegas untuk mendaur ulang limbah kopi dari restoran cepat saji McDonald. Pihak Ford menyebut sekam kopi dapat dibuat menjadi bagian dari suku cadang mobil.

Sekam atau kulit bagian dari luar kopi biasa terlepas saat proses pemanggangan. Meski akan berakhir menjadi limbah, Ford menemukan formula untuk membuat limbah tersebut menjadi bagian untuk komponen mobil.



Dikutip dari The Verge, Jumat (20/12/2019) pihak Ford menyebut bahkan penggunaan bahan tersebut dapat membuat komponen lebih ringan dibanding menggunakan bahan sebelumnya.

"Perusahaan menemukan bahwa sekam dapat dikonversi menjadi bahan yang tahan lama untuk memperkuat komponen pada kendaraan. Dengan memanaskan sekam ke suhu tinggi di bawah oksigen rendah, mencampurnya dengan bahan plastik dan aditif lainnya, mengubahnya seperti pelet, untuk kemudian dapat dicetak menjadi berbagai bentuk," ungkap perwakilan Ford.



Ford menyebut bahwa campuran itu membuat komponen mobil menjadi lebih ringan 20 persen dari bahan sebelumnya. Ditambah, sifat tahan panas sekam kopi juga dinilai lebih baik.

Lebih lanjut untuk saat ini, bahan dari sekam kopi tersebut memenuhi spesifikasi kualitas untuk suku cadang seperti rumah headlamp, komponen interior, dan beberapa material yang ada di balik kap mesin.

Simak Video " Ford Mustang Mach-E, Si Gahar Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com