Kamis, 19 Des 2019 21:07 WIB

Tol Japek Beroperasi, Dorong Orang Beli Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Uji coba tol Japek dengan Honda Foto: PT Honda Prospect Motor
Jakarta - Tol layang Jakarta - Cikampek (Japek) II resmi beroperasi. Adanya ruas tol sepanjang 36,4 km ini tentunya bakal memperlancar arus lintas dari Jakarta menuju tol Trans Jawa atau sebaliknya.

Dengan makin lancarnya arus lalu lintas, efek lain yang mungkin terjadi adalah tumbuhnya pengguna mobil pribadi. Yang artinya akan mendorong penjualan mobil di sekitar Jabodetabek.


Hal itu pun diamini oleh Public Relations & Digital Manager Honda Prospect Motor (HPM) Yulian Karfili. Menurut pria yang akrab disapa Arfi, penjualan mobil di area Jabodetabek bisa terbantu dengan makin baiknya infrastruktur jalan.

"Sekarang wilayah Jabodetabek sudah (berkontribusi) hampir 50 persen dari total penjualan Honda. Dengan infrastruktur yang makin berkembang (seperti adanya tol layang Japek), pasti akan mendorong orang (untuk) beli mobil juga," kata Arfi, kepada wartawan, di sela-sela kegiatan New Toll Road Test with Honda, di Karawang, Kamis (19/12/2019).



Arfi juga menekankan bahwa tidak hanya tol layang Japek yang akan memberi efek ke penjualan. "Secara umum harusnya bukan hanya di sini (Jabodetabek) saja. Tapi sekarang kan di mana-mana (juga banyak) pembangunan infrastruktur jalan di Jawa, dan di luar Jawa banyak. Pasti itu juga akan mendorong penjualan," katanya lagi.

Selain bisa mendorong pertumbuhan pengguna mobil pribadi, adanya tol layang Japek, menurut Arfi juga sangat bermanfaat untuk para karyawan HPM.


"Efeknya akses ke transportasi sekarang lebih mudah. Kebetulan kita ada pabrik di Karawang juga. Jadi untuk operasional kita semakin mudah sekarang," lanjutnya.

"Dan (untuk) distribusi (unit mobil), dengan adanya tol layang ini kan bebannya kebagi ya. Yang tadinya macet sekali. Mudah-mudahan sekarang lebih lancar lalu lintas di bawahnya. Jadi lebih efisien," pungkasnya.

Simak Video "Tol Layang Japek 38 Km Tanpa Exit, Bagaimana Jika Ada Kecelakaan? "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com