Sabtu, 14 Des 2019 13:32 WIB

BBnKB Gratis, Harga Tesla Turun Ratusan Juta Rupiah

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Harga mobil listrik di Indonesia masih terbilang jauh dari jangkauan untuk kelas menengah ke bawah. Lihat saja Tesla di Indonesia harganya bisa lebih dari Rp 2 miliar untuk Model X dan S. Bahkan yang dikatakan termurah saja seperti Model 3 saat masuk Indonesia harganya masih menembus Rp 1 miliar.

Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai pajak dan biaya administrasi lainnya. Selain memang mobil ini masih impor, BbnKB juga berkontribusi besar terhadap harga akhir. Terkait hal tersebut Pemprov DKI Jakarta telah merumuskan insentif berupa pembebasan biaya BbnKB untuk kendaraan listrik mulai awal tahun 2020.



Adanya insentif itu tentu akan mempengaruhi harga on the road Tesla di yang ditawarkan Prestige Image Motorcars di Indonesia. Jika diaplikasikan harga mobil Tesla kini bisa lebih murah 7 sampai 8 persen.

"Kalau itu turun harganya jadi 7-8 persen (lebih murah) dari harga on the road sekarang karena on the roadnya hilang," kata Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy salim saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

Tesla Tesla Foto: Pradita Utama


Rudy mensimulasikan besaran penurunan tersebut pada Tesla yang ia jual di Indonesia. Dikalkulasikan penurunan harganya bisa sebesar Rp 80 juta hingga Rp 270 juta jika BbnKB tak perlu dibayar lagi.

"On the road kisaran Rp 80-270 juta BBN doang, kalau itu ilang ya udah akan turun jadinya," ujar Rudy.



Keputusan membebaskan BbnKB terhadap kendaraan listrik itu telah dinyatakan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Selain BbnKB pajak progresif pun nantinya mendapat potongan sebesar 50 persen.

"Saya sampaikan insyaallah mulai tahun depan (BBNKB kendaraan listrik) 0 persen. Januari tahun depan kemudian pajak kendaraan bermotor (kendaraan listrik) kita berikan diskon 50 persen dengan begitu kita berharap motor pun lebih banyak lagi di Jakarta yang menggunakan," ungkapnya.

Simak Video "Ahmad Sahroni dan Bamsoet Pimpin Klub Mobil Listrik Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com