Kamis, 12 Des 2019 11:57 WIB

Jokowi Lepas 6.000 Mobil Pikap Buatan Karawang ke Filipina

Hendra Kusuma - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Karawang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini meresmikan pelepasan ekspor perdana mobil pikap produk Isuzu Traga. Menurut Jokowi, kegiatan ini ke depannya akan membuat neraca perdagangan Indonesia surplus.

Jokowi sendiri selalu mengungkapkan bahwa neraca perdagangan dan transaksi berjalan tanah air defisit dikarenakan impor minyak dan gas (migas) lebih besar dibandingkan ekspornya.

"Kembali saya ingin tegaskan sekali lagi bahwa fokus kerja pemerintah sekarang ini adalah, bagaimana mengurangi impor dan kedua, tingkatkan ekspor. Kenapa saya mau datang ke sini? Karena ada ekspor perdana Isuzu Traga pada pagi hari ini," kata Jokowi di kawasan industri Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).



Jokowi bilang ekspor mobil pikap ini baru ke satu negara. Namun, dalam waktu 3 tahun ke depan akan masuk ke 20 negara di Afrika, Asia Timur, hingga Timur Tengah.

"Ini yang diharapkan oleh pemerintah, oleh negara ini. Ekspor kita semakin meningkat, semakin terus naik. Yang pada ujungnya kita berharap CAD (defisit transaksi berjalan) kita mengecil dan semakin nantinya neraca perdagangan kita juga bisa surplus" tegasnya.

Menurut Jokowi, kondisi impor yang masih dominan pada neraca perdagangan harus segera diselesaikan. Bahkan Mantan Wali Kota Solo ini optimis masalah tekor neraca perdagangan dan transaksi berjalan bisa diselesaikan.

"Jangan sampai impornya lebih banyak dari ekspor. Kalau sudah, yang namanya CAD bisa kita atasi, neraca perdagangan bisa atasi, kita tarung dengan negara manapun akan siap," tegas Jokowi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Klaim Banyak Negara Naksir Alutsista Made in RI"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com