Kamis, 12 Des 2019 11:03 WIB

Tol Japek Tidak Dirancang untuk Kebut-kebutan, Maksimal 80 Km/Jam

Danang Sugianto - detikOto
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Japek II Elevated siang ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo. Dengan begitu tol sepanjang 36,4 km ini akan bisa dipakai saat Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sebelum diresmikan, Japek II Elevated ramai diperbincangkan. Bukan karena hendak diresmikan, tapi karena tampak permukaan jalan tol yang meliuk-liuk dan bergelombang.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor proyek Tol Layang Japek pun buka suara. Perusahaan memberikan penjelasan tentang kriteria desain yang menjadi acuan konstruksi yang dibangun dan dipastikan aman untuk dilalui. Tol pun dirancang agar kendaraan bisa melaju dengan kecepatan maksimal 80 km per jam.



"Kriteria desainnya direncanakan untuk kecepatan kendaraan maksimal 80 km per jam, dengan jarak pandang 110 meter yang dituangkan dalam parameter alignment vertikal dan horizontal yang mengadopsi standar ukuran jari-jari tikungan, panjang lengkung, kelandaian maksimum dan lain-lain yang sifatnya teknis" jelas Fathur Rozaq Project Manager Japek II Elevated PT Waskita Karya dalam keterangan resmi, Kamis (12/11/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cek Lalin di Cikampek, Menhub: Lonjakan Kendaraan Diperkirakan Malam Hari"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com