Jumat, 06 Des 2019 07:59 WIB

Pabrik Datsun Bakal Produksi Mobil Listrik?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: detikOto
Jakarta - Mobil listrik akan menjadi teknologi ramah lingkungan yang sudah mulai diterapkan di Indonesia. Pabrikan asal Jepang, Nissan, tak ingin ketinggalan dalam berkompetisi menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.

Beberapa kali Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, menyatakan Nissan akan meluncurkan mobil listrik Leaf tahun 2020 mendatang di Indonesia. Tentunya kalau mobil itu ingin dibanderol murah, Nissan harus melakukan lokalisasi atau memproduksi mobil listrik itu di Indonesia.



Saat ini, PT Nissan Motor Indonesia punya pabrik yang berdiri di Purwakarta, Jawa Barat. Pabrik tersebut memproduksi mobil Datsun. Apakah pabrik Datsun tersebut akan memproduksi mobil listrik nantinya?

Sayangnya, Sekiguchi belum bisa memastikan hal tersebut. Hanya, ia bilang Nissan mempelajarinya.

Pabrik Datsun PurwakartaPabrik Datsun Purwakarta Foto: detikOto


"Nissan bertransformasi lebih banyak ke elektrifikasi. Kami menyiapkan Leaf dan beberapa model untuk Indonesia, dan juga kami punya teknologi e-Power. Kami mempelajari banyak pilihan saat ini. Kami mengeksplorasi banyak kemungkinan, termasuk produksi lokal kendaraan elektrifikasi. Termasuk kendaraan listrik atau e-Power," kata Sekiguchi saat ditemui di sela-sela acara test drive Nissan Livina jelajah Ibu Kota baru, di Balikpapan, Kalimantan Timur.



Menurut Sekiguchi, Nissan untuk tahap pertama peluncuran Leaf tahun 2020 belum memproduksi mobil listrik itu di Indonesia. Untuk tahap awak, kata Sekiguchi, Nissan Leaf masih diimpor utuh.

"Impor utuh dari Jepang," katanya.

Simak Video "Nissan Launching SUV Kicks e-Power, Bukti Belum Mati di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com