Rabu, 04 Des 2019 16:42 WIB

Ada Peluang Ekspor ke Australia, RI Belum Punya Mobil yang Cocok

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Indonesia bakal menjadikan Australia sebagai negara tujuan baru ekspor produk-produk mobil rakitan dalam negeri. Terlebih, Indonesia dan Australia sudah memiliki perjanjian dagang, yakni Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Dikatakan oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, Indonesia memang mendapatkan keistimewaan mengekspor produk mobil ke Australia, tapi masih terkendala soal model yang diingini konsumen Australia.



"Cuma sayangnya, produk kendaraan kita belum sesuai dengan permintaan pasar Australia. Jadi Australia itu permintaannya SUV, sedan. Sementara di negara kita produksinya MPV," kata Putu, dalam diskusi Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0, di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (4/12/2019).



Itu mengapa sebabnya, kata Putu, Indonesia gencar menjaring investasi lagi untuk membuat produk-produk mobil yang lebih sesuai dengan selera konsumen luar negeri, khususnya Australia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Lepas Ekspor Perdana 6.000 Mobil Pikap ke Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com