Rabu, 04 Des 2019 11:50 WIB

Nissan-Renault-Mitsubishi Bikin Perusahaan Baru Demi Mobil Canggih

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Aliansi Renault Nissan Mitsubishi. Foto: Renault Aliansi Renault Nissan Mitsubishi. Foto: Renault
Yokohama - Nissan Motor Co bersama Renault dan Mitsubishi Motors Corp. memiliki strategi baru. Ketiganya sepakat mendirikan perusahaan baru untuk mengembangkan teknologi canggih kendaraan masa depan.

Dikutip Japan Times, Rabu (4/12/2019), seorang sumber yang mengetahui masalah ini menyebut, aliansi tiga merek otomotif itu ingin meningkatkan kerja sama setelah pemimpinnya, Carlos Ghosn, digulingkan karena skandal finansial.



Para insinyur dari tiga pembuat mobil akan fokus mempelajari kecerdasan buatan dan teknologi kunci lainnya di perusahaan baru. Menurut sumber itu, skala operasi dan perinciannya akan diumumkan pada akhir Januari 2020.

Saat ini, Nissan dan Renault bekerja sama mengembangkan platform dan mesin serta suku cadang di bawah aliansi. Kini, tiga perusahaan itu berupaya meningkatkan operasi bersama karena industri otomotif global menghadapi perubahan cepat.



Aliansi Nissan, Renault dan Mitsubishi ingin merespons permintaan pelanggan terhadap kendaraan yang terhubung, otonom dan ramah lingkungan. Pergeseran dalam lingkungan bisnis mengharuskan produsen mobil untuk meningkatkan investasi dalam teknologi.

Perusahaan baru ini bertujuan membantu aliansi pabrikan mobil Prancis-Jepang untuk menekan biaya pengembangan yang besar dan mempercepat pengembangan. Ketiga mitra telah meluncurkan beberapa proyek baru sejak Ghosn dipecat setelah penangkapannya pada November tahun lalu.
Halaman
1 Tampilkan Semua


Simak Video "Mobil-mobil Masa Depan Ala Nissan"
[Gambas:Video 20detik]

(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com