Minggu, 24 Nov 2019 15:15 WIB

Toyota Group Investasi Rp 28,3 T, Bukti Pasar Mobil RI Potensial

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Toyota Group akan menanamkan investasi tak kurang dari Rp 28,3 triliun untuk industri otomotif Indonesia. Hal itu dikatakan langsung Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam siaran pers yang diterima detikcom, Selasa (19/11/2019).

"Kami mendapat laporan tentang rencana ekspansi dari Toyota Group sebesar Rp 28,3 triliun. Ini termasuk pengembangan Toyota, Daihatsu, dan Hino," kata Agus.

Pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai salah satu merek yang disebut Agus belum mau memberikan komentar lebih rinci terhadap rencana investasi tersebut.



"Saya kontraknya belum lihat. Tapi kalau komitmen (investasi) itu terjadi, saya sih alhamdulillah," kata Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor Rudi Ardiman, di Ancol, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Menurut Rudi, rencana investasi Toyota Group itu bisa menjadi bukti bahwa Indonesia menjadi pasar yang menarik untuk pengembangan industri otomotif global.

"Artinya ada sesuatu yang menarik di Indonesia. Kalau prinsipal kita mau berinvestasi, berarti Indonesia masih potensi," lanjut Rudi.

Lalu kira-kira apakah yang akan dibuat Toyota Group dengan investasi sebesar itu? "(Terus terang) saya belum tahu (fasilitas apa yang akan dibangun dari investasi ini)," kata Rudi.

Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com